AdvetorialKonawePendidikan

Jalin Kerjasama Media, Diskominfo Konawe Terapkan Aplikasi Media Center Berbasis Teknologi

KONAWE – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), akhirnya meluncurkan Aplikasi Media Center (AMC) berbasis teknologi.

Peluncuran aplikasi itu merupakan terobosan baru Dinas Kominfo Konawe, sebagai corong komunikasi serta informasi bagi Pemerintah Daerah (Pemda) itu sendiri.

Kepala Dinas Kominfo Konawe Muh. Akib Ras mengatakan, tujuan peluncuran serta penerapan Aplikasi Media Center adalah untuk mempermudah media dalam pengurusan adminitrasi.

Advertisement

Adminitrasi dimaksudkan kata Akib, adalah kelengkapan berkas dari perusahaan media itu sendiri.

“Tahun ini, untuk pertama kalinya Kominfo mengambil alih tugas dari humas. Dimana sebelumnya kerjasama media itu dilakukan oleh humas. Tahun 2022 ini, para perusahaan media akan berurusan di Diskominfo,” kata Arif, saat di hubungi SultraNews melalui telepon selulernya, Sabtu (15/1/2022).

Akib sapaan akrab Kadis Kominfo Konawe ini melanjutkan, aplikasi tersebut dijadikan rujukan guna melakukan pendaftaran bagi perusahaan media, yang akan menjadi mitra kerja Pemda Konawe.

Selain itu, perusahaan media diarahkan untuk mendaftarakan mediannya pada aplikasi tersebut. Dalam fitur aplikasi telah tersedia kolom pengisian, seperti kelengkapan berkas adminitrasi perusahaan media tersebut.

“Silahkan dilengkapi kelengkapan perusahaannya. Setelah itu anda diarahkan untuk mengisi fitur dalam aplikasi. Didalamnya ada perintah untuk mengaplod dokumen perusahaan masing-masing media. Ketika salah satu kolom ada yang tidak terisi, maka secara otomatis aplikasi tersebut akan menolak,” jelasnya.

Lebih jauh Akib menjelaskan, bahwa aplikasi tersebut merupakan terobosan baru bagi Diskominfo Konawe. Hal itu baru terjadi untuk pertama kalinya di Sultra, dalam melakukan perampingan terhadap media-media mitra Pemda, dalam hal kerja sama.

Selain itu, juga bertujuan mendeteksi media-media abal-abal yang semakin hari semakin berkembang pesat. Oleh karenanya, aplikasi tersebut mampu membantu kerja-kerja Kominfo dalam menentukan mitrakerja yang profesional.

“Yang menentukan layak dan tidaknya media menjadi mitrakerja Pemda, bukan Kominfo. Tapi melainkan aplikasi itu sendiri,” tegas Akib.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kominfo Tira Liambo menuturkan, jika sejatinya aplikasi tersebut adalah untuk menjadi jorong informasi bagi setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Artinya, aplikasi tersebut akan terkoneksi secara langsung ke website masing-masing OPD.

“Jadi aplikasi yang diluncurkan oleh Diskomindo, akan terkoneksi langsung ke OPD. Jadi apa yang menjadi kegiatan penting OPD, secara otomatis akan diketahui oleh aplikasi ini,” tutur Tira.

“Jadi selain memudahkan para OPD, juga akan memudahkan para media, ketika mengakses website resmi diskominfo. Sebab didalamnya sudah ada informasi mengenai kegiatan OPD,” ucap mantan Kabid Dikdasmen Konawe ini.

Begitupun dengan Kepala Bidang Pelayanan Muhamad Mahfud juga menerangkan secara teknis menyampaikan jika kedepan nantinya para pemilik media atau rekan-rekan pers bisa melakukan pendaftaran secara online melalui aplikasi media center yang sudah di sediakan oleh Diskominfo.

“Aplikasi tersebutlah yang akan menentukan sesuai dengan aturan atau standar syarat-syarat yang telah dibuat oleh Pemda Konawe,” terang Muhamad Mahfud

Intinya, kata Fausi yang dikenal sapaan sehari-harinya mengatakan, jika aplikasi tersebut sudah dibuat dan dirancang dengan canggih dengan fitur-fitur yang sangat lengkap.

“Segala sesuatunya berkaitan dengan media kita sudah percayakan pada Aplikasi Media Center Konawe yang akan memverifikasi secara otomatis,” tutupnya.

Untuk diketahui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama rekan-rekan media melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) tata cara penggunaan dengan pengenalan fitur – fitur (menu) Aplikasi Media Center Kabupaten Konawe yang pertama kali menggunakan aplikasi se-Sulawesi Tenggara Tahun 2022.

Kegiatan tersebut berlangsung di Lantai 3 (Tiga) Kantor Bupati Konawe. Jumat, 14 Januari 2022, Sekitar Pukul 14.30 Wita.

Bimtek Aplikasi Media Center Kabupaten Konawe dipimpin dan di hadiri langsung oleh Kadis Kominfo Konawe Drs. H. Muh. AKIB RAS, M.Si, yang di dampingi oleh Sekretaris Dinas (Sekdis) Tira Liambo, S.Kom., M.Pd, Kepala Bidang Pelayanan Muhamad Mahfud, S.Pdi, Kepala Bidang Pelayanan Nurlina, S.Sos, serta tim IT Sarif, serta jajaran staf Diskominfo Konawe.

Laporan: Jaspin

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id