Opini

“Kami Tetap di Rumah Sakit Tolong Anda Tetap Di Rumah Demi Kami ≠covid-19”

Coronavirus disease 2019 atau lebih familiar dengan covid-19, itulah nama virus yang telah ditetapkan oleh WHO (World Health Organitazion) yang telah meresahkan dunia. Kuman yang berbentuk virus ini bersifat menular baik melalui udara maupun kontak langsung antar manusia ketika orang mengalami batuk atau bersin, penularan virus corona ini sama seperti influenza atau penyakit pernafasan.

Sabtu (21/3/20), Pemerintah telah mengumumkan tambahan 81 pasien positif virus corona, dengan begitu total pasien positif covid-19 di indonesia menjadi 450 orang, yang diantaranya 38 orang meninggal dunia dan 20 orang dinyatakan sembuh.

Sulawesi tenggara adalah salah satu provinsi yang terpapar virus corona dengan pasien positif berjumlah 3 orang yang secara resmi di umumkan oleh juru bicara Gugus Tugas Satgas penanganan covid-19 sultra, “dr. la Ode Rabiul Awal dalam konferensi pers, kamis (19/03/20) malam”,

Advertisement

Untuk menghindari angka kejadian yang semakin meningkat pemerintah pun meliburkan semua sekolah, universitas, dan menerapkan system berbasis online, “ terkecuali Rumah sakit baik swasta maupun pemerintah” dalam menghadapi covid-19, tenaga medis seperti perawat/bidan maupun dokter mereka bisa dikatakan adalah pahlawan yang paling terdepan saat ini, dimana mereka harus mengenyampingkan kepentingan pribadi,tidak mengenal rasa takut, lelah untuk menangani pasien covid-1.

Saat ini persiapan tim medis yang sedang bertugas sudah melakukan penanganan pasien, baik yang sedang dalam pengawasan maupun yang telah positif covid-19. Tim medis pun jelasnya akan berupaya semaksimal mungkin dengan mengutamakan keselamatan pasien sesuai denga SOP namun tidak mengabaikan keselamatan kerja, tetapi juga harus menjaga garda terdepan.

Baik pemerintah maupun tim medis tidak henti-hentinya melakukan sosialisasi dan sangat berharap agar masyarakat bersama-sama berjuang menghentikan penyebaran covid-19, dengan menjaga kebersihan (rajin cuci tangan, batuk/bersin menutup mulut/hidung dengan tissue atau masker, dan mengkonsumsi herbal yang dianjurkan ,dan yang paling utama “masyarakat luas mohon agar tetap tinggal di rumah dan berupaya menyelamatkan kita semua dan mendukung upaya kerja tim medis kita dalam menuntaskan covid-19”.

@Salam teman sejawat≠semangat berjuang≠jangan menyerah≠semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT###

By, nur asmah
Mahasiswa program pascasarjana kesmas universitas halu Oleo

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id