KonawePendidikan

KJA Konawe Berikan Kuliah Jurnalistik Kepada Mahasiswa Unilaki

UNAAHA – Komunitas Jurnalis Anandolaki (KJA) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), berikan kuliah “Jurnalistik” kepada Mahasiswa Universitas Lakidende (Unilaki), Sabtu (20/11/2021) lalu.

Bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unilaki, kegiatan tersebut resmi melaksanakan pendidikan dan latihan (Diklat) Jurnalistik.

Kegiatan itu, KJA Konawe bersama BEM Unilaki mengusung tema “Menciptakan Generasi Pers Kampus yang Kreatif, Kritis dan Elitis”.

Advertisement

Dibuka secara simbolis Rektor Unilaki Prof. Dr Hj. Rostin S.E., M.Si, didampingi Wakil Rektor III Abu Rahman S.P., M.P, turut hadir pula Kapolsek Wawotobi dan para jurnalis Konawe, di Aula Kampus Unilaki, dimana kegiatan tersebut rencananya bakal berlangsung selama dua hari.

Dalam sambutannya, Ketua BEM Unilaki Fatimah Ulfa mengatakan, Diklat Jurnalistik merupakan program BEM Unilaki periode 2021- 2022. Tujuannya supaya dapat menghidupkan kembali unit kegiatan (UK) pers di lingkungan kampus Unilaki yang sudah lama tidak berjalan aktif.

KJA Konawe Berikan Kuliah Jurnalistik Kepada Mahasiswa Unilaki
Fose bersama antara KJA Konawe, dan BEM Unilaki, serta Kapolsek Wawotobi. Foto Ist

“Alhamdulillah bersama rekan -rekan insan pers di Konawe yang tergabung dalam KJA itu dapat membantu kami mengisi materi-materi yang menjadi kebutuhan dalam progam UK Pers Unilaki nanti,” tuturnya.

Ia mengaku, melalui Diklat ini mahasiswa dapat menimbah Ilmu keterampilan menulis karya -karya jurnalistik kepada para insan pers yang sudah berpengalaman dalam dunia jurnalis. Sehingga kedepannya para pesertanya dapat menjadi kader pengurus dan pengelola UK Pers Unilaki .

Dikatakannya, UK Pers sangat penting dalam lingkungan civitas akademik . Karena melalui wadah ini, para insan pemuda intelektual di kampus Unilaki yang gemar menulis itu dapat menuangkan dan mengembangkan minat dan bakatnya .

Ia menambahkan, bahwa pengelola UK Pers akan menjadi seorang wartawan kampus, dan akan bertugas menjadi wartawan serta meliput beragam kegiatan yang terjadi di dalam kampus.

“Ini sangat memiliki banyak manfaat positif bagi mahasiswa dan kampus itu sendiri,” tutupnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum (Sekum) KJA Konawe, Irman mengatakan, memang pada umumnya disetiap kampus di Indonesia memiliki UK Pers Kampus. Dimana tujuan dari lembaga itu berpungsi sebagai media penampung minat dan bakat mahasiswa, agar mahasiswa dapat berekspresi.

“Kalau kami mengamati kendala selama ini yang membuat UK Pers disini (Unilaki) tidak berjalan aktif, karena tidak adanya sumber daya manusia (SDM) yang terampil mengelola lembaga tersebut,” ucap Irman yang merupakan wartawan Harian Berita Kota Kendari (BKK).

Sehingga, dengan hadirnya kegiatan Diklat Jurnalistik tersebut, kata Irman, sangat diperlukan dan diharapkan. Karena syarat sebelum menjadi pengurus harus terlebih dahulu dibekali paraktik kerja jurnalis, baik dalam metode peliputan maupun dalam teknik menulis berita,” katanya.

Bekal itu, lanjutnya, akan sangat mempermudah para mahasiswa untuk melaksanakan tugas sehari-harinya sebagai pewarta kampus.

“Kami sangat mengapresiasi atas adanya kegiatan ini. Karena dengan aktifnya UK pers Kampus Unilaki, menjadi warna tersendiri untuk memperkaya karya-karya jurnalistik . Dan tidak menutup kemungkinan akan banyak kader-kader jurnalistik yang lahir dari wadah ini. Sehingga setelah menyelesaikan studi nanti dapat meningkatkan lagi bakatnya ke dalam jurnalis profesinal ,” tutup lelaki yang juga merupakan wartawan senior.

SN

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id