KesehatanKonawe Kepulauan

Kontak Erat Dengan Pasien Positif Covid-19, Puluhan Warga Kecamatan Wawonii Selatan Jalani Tes Swab

Konawe Kepulauan – Pemerintah Daerah (Pemda) Konkep, melalui Dinkes Konkep bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) turun langsung meninjau dan melakukan Swab Test kepada puluhan warga Kecamatan Wawonii Selatan.

Menurut Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinkes Sultra Hj. Kartina Razak, pihaknya bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Konkep dalam hal ini Dinas Kesehatan Konkep melakukan Swab Test kepada masyarakat yang diketahui melakukan kontak erat dengan pasien yang dinyatakan postitif covid-19, yang juga di ketahui sebegai petugas kesehatan di Puskesmas Bobolio.

Setelah dilakukan Swab Test lanjut Kartina, sample tersebut akan dikirim ke Rumah Sakit Bahteramas dan dilakukan pemeriksaan Laboratorium sehingga untuk diketahui hasilnya apakah Positif atau Negatif akan membutuhkan waktu kurang lebih 3 hari lamanya.

Kartina juga menghimbau kepada masyarakat, agar selalu mematuhi protokol kesehatan dan berprilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Konkep Sastro, meminta kepada masyarakat yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid-19, agar dilakukan Swab Test.

“Diketahui pasien yang positif Covid-19 ini adalah petugas kesehatan dari Puskesmas Bobolio, Terlebih lagi dia yang positif itu adalah petugas yang keliling posyandu. Sehingga kami juga memanggil bayi dan ibunya yang melakukan kontak erat kepada pasien positif itu untuk di Tes Swab,” jelas Sastro.

Untuk diketahui, Swab Test dilakukan di 3 titik.

  1. Balai Desa Bobolio dengan jumlah warga sebanyak 34 orang terdiri dari ibu dan anak balita.
  2. Puskesmas Bobolio, (Swab Test oleh Nakes)
  3. Rumah Sakit Umum Daerah Konkep (Nakes)

Pada kegiatan tersebut, turut hadir Bhabinsa,  Bhabinkantibmas, Camat Wawonii Selatan, Kades Bobolio, Kadis Kesehatan Konkep, Kapus Wawonii Selatan, Gugus Tugas Kab Konkep.

Laporan. Darsan

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id