HeadlineKriminal

Kreatif, Polres Kendari Desain Mobil Patroli ‘Cutaling’ Untuk Cegah Covid-19

Kendari – Pemerintah di Sulawesi Tenggara (Sultra), saat ini tengah gencar melakukan sosialisasi pencegahan terhadap wabah virus Corona (Covid-19) kepada Masyarakat, Sabtu (21/3/2020).

Berbagai cara terus dilakukan agar masyarakat terhindar dari virus mematikan nomer satu didunia itu.

Tidak lain halnya aparat Kepolisian kini juga tengah sibuk membantu pemerintah dalam upaya penanganan Covid-19 di Sultra.

Seperti yang dilakukan aparat Polres Kendari, memiliki cara tersendiri dalam memberikan edukasi terkait pencegahan wabah Covid-19.

Saat ini Polres Kendari tengah merancang sebuah tempat cuci tangan umum yang terbuat dari Tandon Toren dan diangkut menggunakan sebuah mobil.

Sebuah rancangan tempat cuci tangan ini diberi nama Patroli CUTALING (Cuci Tangan Keliling). Rancangan CUTALING yang dibuat menggunaa Tandon Toren memiliki daya tampung air sebanyak 1200 liter.

Patroli CUTALING ini nantinya akan resmi beroperasi mulai besok, Minggu, 22 Maret 2020 yang akan dioperasikan oleh personel Polres Kendari di sejumlah tempat keramaian.

Tidak hanya berkeliling, mobil Cuci Tangan Keliling yang didesain langsung oleh Kapolres Kendari, AKBP Didik Erfianto, itu juga ditempatkan secara paten di salah satu titik lokasi yang strategis agar mudah dijangkau masyarakat.

Keberadaan Patroli CUTALING merupakan bagian dari langkah Kepolisian untuk memberikan edukasi masyarakat membiasakan cuci tangan agar tercegah dari kontaminasi virus Covid-19.

“Dengan adanya Patroli CUTALING ini, harapan kami masyarakat dapat membiasakan diri cuci tangan untuk pencegahan penyebaran virus Covid-19. Sebagaimana yang kita tahu bahwa salah satu upaya pencegahan yaitu dengan cuci tangan. Untuk pengoperasian Patroli CUTALING ini, dilakukan dengan metode berkeliling ke tempat-tempat yang dianggap ramai, seperti pasar dan ruang publik lainnya,” ujar AKBP Didik Erfianto kepada Sultra News, Sabtu (21/3/2020).

Ide kreatif Kepolisian ini patut diacungi jempol dengan membuat sebuah terobosan yang dinilai dapat membantu masyarakat mencegah virus Covid-19.

Ide ini muncul sebagai bentuk kepedulian Polisi, mengingat kondisi sulitnya masyarakat mendapatkan antiseptic di apotek maupun toko kesehatan di Kota Kendari.

Kehadiran Patroli CUTALING ini dapat menjadi alternatif warga yang tidak memiliki antiseptic. Tidak perlu berkeliling ataupun pulang ke rumah untuk cuci tangan. Patroli CUTALING ini akan selalu sedia disaat jam-jam tertentu.

Peralatan pendukung yang disediakan pada mobil Patroli CUTALING yaitu Wastavel, Prototipe, Sabun Antiseptic, Hand Sanitizer dan Tisu.

Laporan. Wayan Sukanta

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id