Kronologis Kebakaran di Kelurahan Asinua Konawe

waktu baca 2 menit
Petugas Damkar, saat memadamkan api

KONAWE, Sultranews.co.id – Kebakaran yang terjadi di Kelurahan Asinua, Kecamatan Unaaha, Kabupeten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), diduga akibat korsleting listrik, Selasa (19/9/2023) siang tadi.

Beruntung petugas pemadam kebakaran (damkar) dengan cepat memadamkan api yang mulai menyalar menghanguskan isi rumah tersebut.

Kapolsek Unaaha Ipda Edi Rambulany, S.H didampingi Lurah Asinua Sajirun, S.Sos menuturkan, informasi awal dari masyarakat bahwa telah terjadi kebakaran, sehingga mereka (Polsek Unaaha red) langsung mendatangi TKP.

“Syukur Alhamdulillah, berkat kerjasama dari Damkar, Satpol, TNI, dan masyarakat api cepat dipadamkan,” ucap Kapolsek.

Terkait penyebab kebakaran tersebut, Kapolsek bilang masih menyelidikinya. Begitupula dengan kerugian materil juga belum bisa ditafsirkan, sebab masih dilakukan pendataan lebih lanjut, dan dilaporkan nanti.

“Belum bisa kami memberikan info detail, karena kami belum mempertanyakan kepihak pemilik rumah, karena masih trauma,” ujarnya.

Ia mengimbau agar masyarakat selalu waspada dan berhati-hati, apalagi saat ini memasuki musim kemarau agar tidak meningalkan rumah dalam keadaan membahayakan atau dapat berpotensi terjadinya kebakaran.

“Mari kita selalu mengigatkan jika ada hal-hal yang dapat mengakibatkan petensi terjadinya musibah seperti kebakaran,” imbau Edi, sapaan akrabnya.

Sementara itu Kabid Damkar Konawe Puguh sudari jonoh mengungkapkan bahwa kronologis penyebab terjadinya kebakaran diduga dari Korsleting listrik.

“Saat kami tiba, api sudah membesar dari arah dapur menjalar ke ruang tengah rumah tersebut. Kami melihat bahwa api menyalar pada kabel listrik,” ungkap dia.

“Alhamduliilah tidk ada korban jiwa. Api berhasil kami padamkan dengan cepat dibantu masyarakat setempat.” ujar Puguh.

Untuk kerugian ditaksir sekitar 200 hingga 300 juta rupiah.

SN