KSK Bersama Aksa Mahmud Terlihat Akrab di Pertemuan Saudagar Bugis Makassar

waktu baca 2 menit
Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, saat makan siang bersama Aksa Mahmud, Owner Bosowa Grup yang juga tokoh penting KKSS pusat.

MAKASSAR – Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK) mendapat kehormatan untuk menghadiri Pertemuan Saudagar Bugis Makassar, yang berlangsung di Hotel Four Points, Makassar (30/4/2023).

Momen itu tampak istimewa bagi KSK. Bupati dua periode itu berkesempatan untuk bertemu dengan sejumlah pengusaha Bugis Makassar, termasuk tokoh-tokoh penting dari Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS).

Salah satu orang ditemui KSK jelang momen tersebut ialah Aksa Mahmud, Owner Bosowa Grup. Keduanya bertemu empat mata di Hotel Aryaduta. Pertemuan itu cukup lama dan tampak intens. KSK dan Aksa terlihat begitu akrab sembari menikmati santap siang bersama.

Pada kesempatan itu, KSK berbicara banyak hal kepada tokoh KKSS pusat tersebut. Namun ia enggan menyinggung banyak perihal pencalonannya di perhelatan pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra.

KSK lebih memilih untuk membahas isu besar lingkup regional Sulawesi. Mantan Ketua DPRD Konawe itu memilih untuk mengungkapkan keprihatinannya terkait tidak adanya figur Sulawesi yang didiskusikan sebagai Capres dan juga Cawapres. KSK menilai, pasca kepemimpinan Jusuf Kalla (JK), tak ada lagi figur figur asal Sulawesi yang namanya intens didiskusikan.

“Saya prihatin, kenapa Jakarta tidak lagi mendiskusikan tokoh-tokoh dari Sulawesi,” ujar pria yang baru saja menerima penghargaan dari Mendagri tersebut.

Oleh karenanya, kepada Aksa Mahmud, KSK meminta agar sesama putera Sulawesi jangan saling menjegal. Sesama orang Sulawesi harus saling memahami dan menjunjung tinggi budaya.

“Hak memilih dan dipilih, silahkan. Tapi, budaya harus kita junjung tinggi. Dalam geopolitik ada geografi. Artinya, Ada batas wilayah dalam politik. Saya di Sultra, Pak Aksa di Sulsel. Ini semua, demi Sulawesi,” tegas KSK.

Bagi sebagian kalangan, dalam pertemuan itu sudah dapat ditebak, salah satu yang menjadi pembicaraan adalah isu seputar dukungan l KKSS atas pencalonan KSK sebagai Calon Gubernur (Cagub) Sultra periode 2024-2029. Hal itu mengingat Aksa Mahmud adalah tokoh penting di KKSS Pusat.

Baca Juga :  Lagi, Proyek Rekon Jalan Mataiwoi-Abuki Amburadur, Aktivis Konawe Irfan Kecam Kontraktor CV Star One

“Pak Aksa berpesan, fokuskan perjuangan sebagai Cagub Sultra. Saya bantu. Semoga menjadi pemimpin yang mempersatukan,” jelas KSK menirukan ucapan Aksa Mahmud.

Sesungguhnya, diundangnya KSK di acara Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) ke XXIII yang berlangsung di Hotel Four Points, Makassar 29-30 April 2023 ini, bukan tanpa alasan. KSK punya hubungan besan dengan Bupati Jeneponto saat ini. KSK juga berhubungan besan dengan Irjen (Purn) Syahrul Mamma. Belum berhenti di situ, mantan Bupati Luwu Timur juga berhubungan besan.

“Saya ini tidak asing untuk keluarga Sulawesi Selatan. Tiga anak saya menikah dengan orang Selatan. Dan, empat orang kakak saya lahir di Palopo. Bapak saya lama bertugas di Palopo,” terang KSK usai pertemuan dengan Aksa Mahmud.

SN