Lepas Kontingen Jamnas, Bupati Konawe Apresiasi Prestasi Pramuka Penggalang Kwartir Cabang

waktu baca 2 menit
Penyerahan atribut pramuka yang dilakukan oleh Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, kepada peserta Jamnas. Foto: Ist

KONAWE – Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa melepas secara resmi rombongan kontingen Jambore Nasional (Jamnas) ke-XI Tahun 2022 perwakilan Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada, Rabu (10/8/2022).

Pelepasan rombongan kontingen Jamnas dilaksanakan di pelataran Kantor Bupati Konawe. Turut hadir dalam pelepasan Kontingen Jamnas tersebut yakni Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi S.IK., Sekda Konawe Ferdinand Sapan, Ketua Kwartir Konawe Prince Sonaru, Ketua Kontingen Kwartir Cabang Pramuka Konawe Saripin, Wakil Ketua I bidang Perencanaan dan pengembangan Ginal Sambari dan sejumlah pengurus lainnya.

Kali ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe 105 peserta untuk mengikuti Jamnas di Bumi Perkemahan dan Witisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta, yang akan dilaksankan mulai 12 sampai 24 Agustus 2022 mendatang.

Dari 105 peserta Jamnas yang akan berangkat, diantaranya terdapat 48 prang peserta didik dari berbagai sekolah, dan 57 orang pembina.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dalam sambutannya mengatakan, menurut Undang-undang nomor 12 tahun 2010, gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin, peduli sesama, dan berbudi pekerti luhur.

Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) gerakan Pramuka Kabupaten Konawe itu juga menuturkan, dengan melepas 105 peserta kontingen Jamnas ke Jakarta, hal tersebut sebagai bukti komitmen Pemkab Konawe dalam .

“Dalam kegiatan jambore nasional kali ini, dapat menjadi reaksi dan edukatif di dunia kepramukaan yang tersaji dalam bentuk perkemahan besar yang bertujuan membina Pramuka penggalang dalam bentuk pembinaan mental dan fisik,” kata Pria yang akrab disapa KSK tersebut.

Selain itu, lanjut Bupati Konawe dua periode tersebut, kegiatan Pramuka juga dapat membentuk intelektual, spritual, dan sosial yang baik.

Kery juga berpesan kepada seluruh peserta kontingen Jamnas yang akan berangkat agar menjaga sikap, perilaku demi nama baik daerah dengan menanamkan nilai-nilai Budi pekerti, senantiasa membangun komunikasi yang baik dengan semua kontingen dari daerah lain serta yang paling utama adalah menjaga kekompakan di antara seluruh kontingen.

“Mudah-mudahan seluruh rangkaian kegiatan jambore dapat diikuti dengan baik, dan insya Allah kembali pulang dalam keadaan sehat wal’afiat dengan membawa pengalaman baru yang berkesan” ucap Bupati.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Konawe sekaligus Majelis Pembimbing Cabang Kwarcab Konawe, Kery Saiful Konggoasa mengucapkan selamat kepada adik-adik yang akan mewakili Kabupaten Konawe dalam kegiatan tersebut.

“Jagalah nama baik kabupaten kita, di pundak kalian kami titip harapan untuk mengharumkan nama baik Kabupaten Konawe,” tutupnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan atribut pramuka serta bendera Pataka yang dilakukan oleh oleh Bupati kepada perwakilan peserta Jamnas. (ADV)

Laporan: Jaspin