KesehatanKonaweNews

Libatkan Polri dan TNI, BLUD RS Konawe Buka Layanan Pengobatan Gratis di Routa

KONAWE – Kecamatan Routa, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), merupakan daerah terisolir alias jauh dari Ibu Kota Konawe. Dimana Kecamatan Routa yang mendiami beberapa desa didalamnya, rupanya jauh lebih baik dari pada pelayanan kesehatan.

Tak bisa dipungkiri, walaupun Kecamatan Routa saat ini tengah digadang-gadang hadirnya mega industri Nikel dan Uranium, tetapi dari segi pelayanan kesehatannya pun belum memadai, seperti puskesmas yang ada didalamnya.

Olehnya itu, Pemerintah Kabupaten Konawe melalui Badan layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit (RS) Konawe, dibawah pimpinan dr. Agus Lahida selaku Direktur, akhirnya memutuskan untuk membuka layanan pengobatan gratis tepatnya di Desa Lalomerui, yang rencananya akan digelar pada Senin (12/12/2022) mendatang.

Advertisement

Tak tanggung-tanggung, nantinya, pengobtan gratis melibatkan dua dokter ahli, yakni dr. Fauzan Azhari Marzuki (Spesialis kulit) dan dr.Indria Gimon (Spesialis dalam), dibantu dokter umum, apoteker, dan perawat dari BLUD RS Konawe, Polres Konawe dan TNI.

Hal itu dibenarkan oleh Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi melalui Kapolsek Routa Ipda Muhdin Tidore usai mengikuti rapat teknis pelaksanaan pengobatan gratis bersama Danramil Unaaha Lettu Inf Jumain, kepala BLUD RS Konawe Agus Lahida serta staf RS Konawe.

Ipda Muhdin Tidore menjelaskan sebelumnya Kapolres Konawe telah melakukan komunikasi awal kepada Direktur BLUD RS Konawe dr. Agus Lahida tentang rencana memberikan layanan pengobatan gratis bagi warga kecamatan Routa.

“Pengobatan ini gratis untuk masyarakat kecamatan Routa, Blud RS Konawe akan menyiapkan beberapa dokter Ahli dan dokter umum begitupun Polres Konawe melalui bidang kesehatan akan menyiapkan beberapa dokter dan tim medis yang akan berangkat ke Routa,” jelasnya.

Kapolsek Routa juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Routa untuk hadir dalam acara pengobatan gratis tersebut, terkait pasien yang sakit berat yang berada di desa lain akan di jemput menggunakan kenderaan ambulance atau kenderaan lain dari RS Konawe dan kepolisian.

“Kami harapkan agar seluruh masyarakat hadir untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis tanpa biaya sepeserpun,” tegasnya.

Kegiatan ini merupakan wujud sinergi TNI Polri dan Pemerintah daerah Konawe melalui BLUD RS Konawe yang diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada warga yang kurang mampu di Kecamatan Routa.

SN

Back to top button