KonaweWarta Desa

Melirik PKTD Silea di Konawe, Program Unggulan Pencipta SDM

KONAWE – Pemerintah Desa (Pemdes) Silea, Kecamatan Besulutu, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai melaksanakan program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) yang merupakan Program prioritas Dana Desa Tahun Anggaran 2021.

Program PKTD teruntuk di Desa Silea sendiri ialah lahan tidur milik masyarakat untuk dipergunakan perkebunan nilam.

Pogram tersebut lahir berdasarkan hasil musyawarah Desa (Musdes) yang dimana dalam musyawarah tersebut hampir 80% warga yang mengusulkan program itu.

Kepala Desa (Kades) Silea Kasran menerangkan, dari hasil keputusan Musdes, kali ini Pemdes Silea melibatkan 18 Keluarga Penerima Manfaat (KPM),

Dimana lahannya bakal dimanfaatkan untuk perkebunan nilam sehingga masing-masing KPM kuota lahan yang dapat diberikan seluas 1/2 hektar.

“Setelah melalui Musdes dan telah mendapat kesepakatan penuh, Pemdes Silea mulai melakukan pembukaan lahan pada, Sabtu 29 Mei 2021 dan melibatkan 12 orang pekerja yang merupakan warga Silea,” terang Kasran.

Untuk pembukaan lahan kata dia, pihaknya telah melibatkan 12 sampai 14 orang pekerja yang terbagi dalam tiga kelompok.

Sehingga, dari total tiga kelompok Pemdes bahkan bisa melibatkan 40 orang pekerja yang tak lain merupakan Penerima Manfaat program PKTD yakni perkebunan Nilam.

“Namun dilihat dari dampak pemanfaatan lahan tidur masyarakat, yang tadinya tidak dapat dimanfaatkan kini dapat menghasilkan, memberikan lapangan pekerjaan/menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM), dan memberikan nilai tambah untuk perekonomian di desa tersebut,” katanya kepada Media ini.

Lebih lanjut Kasran, pihaknya telah menyiapkan per KPM itu 2000 bibit Nilam dan karena sebelumnya bibit tersebut telah di kirim dari Konsel, karena dinilainya bibit tersebut merupakan bibit unggul bersertifikat.

“Sebelumnya kami juga mengadakan alat dan perlengkapan pencegahan penanggulangan Covid-19 dan kami bersama tim relawan Covid-19 telah melakukan penyemprotan disinfektan di tempat umum, sekolah dan rumah warga,” Ungkapnya.

Baca Juga :  VIDEO: Ribuan Massa Aksi dari Ormas Tawon, Masuki Kawasan Mega Industri di Morosi

Untuk penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT), Kasran menerangkan dari 115 Kepala Keluarga (KK) yang terdiri 446 jiwa penduduk Desa Silea, dirinya memberikan BLT kepada warganya yang layak menerima, yakni Lansia dan warga yang sakit yang berjumlah 15 KPM.

Perlu diketahui, anggaran DD 8% yang diperuntukan penaggulangan Covid-19, Pemdes Silea juga telah melakukan pengadaan Posko Covid-19, Disinfektan, pengukur suhu tubuh 1, masker 44 dos, pengadaan baju SDGs 41 lembar/Covid23 sekaligus rompi, tempat cuci tangan tiga buah, tangki penyemprotan dua buah. (SN/Jas)

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id