Pemda Konawe Apresiasi Kelurahan Toriki, Raih Penghargaan Award Desa Cantik Terbaik 2022

waktu baca 2 menit
surat Statistik RI

KONAWE – Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), terpilih menjadi tempat launching Desa Cantik karena telah melakukan pencanangan Satu Data Indonesia (SDI). Selain itu, Konawe juga telah menggunakan perencanaan, evaluasi, dan kebijakan berdasarkan data atau berbasis data.

Rombongan Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (BPS – RI), yang dipimpin langsung Deputi Bidang Statistik, Distribusi dan Jasa, Setianto, SE, M.Si, melakukan kunjungan kerja di Kelurahan Toriki dalam rangka kegiatan launching desa/kelurahan Cinta Statistik (Cantik), Senin 20 Juni 2022 lalu.

Dimana saat itu Kelurahan Toriki, Kecamatan Anggaberi, Konawe, terpilih sebagai desa/kelurahan Cantik oleh BPS-RI.

Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe Dr. Ferdinand Sapan mengapresiasi Kelurahan Toriki, telah berhasil meraih penghargaan Award Desa Cantik tahun 2022 dari Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (BPS RI). Kabar gembira itu disampaikannya saat berbincang dengan awak media ini, Jumat (27/1/2023) di Unaaha.

Ferdinand Sapan menyebut ada 12 kelurahan dan desa yang mendapat penghargaan Award Desa Cantik terbaik Tahun 2022, salah satunya yaitu Kelurahan Toriki.

Menurut Jenderal ASN Konawe ini, penganugerahan Award Desa Cantik Tahun 2022 akan diberikan secara langsung oleh Menteri PAN RB dan Kepala BPS RI kepada kepala desa/lurah Desa Cantik terbaik Tahun 2022.

“Kegiatan yang akan berlangsung pada Senin 30 Januari 2023 mendatang, rencananya akan dilaksanakan di Aryanusa Ballroom Lantai 2, Menara Dana Reksa, Jalan Medan Merdeka Selatan No.14, RW.02 Gambir, Jakarta Pusat,” kata Sekda Konawe

Selain itu, lanjut Ferdy sapaan akrabnya, penganugerahan Award Desa Cantik Tahun 2022 ini dintegrasikan dengan Launching Reformasi Birokrasi BPS Tahun 2023.

Berdasarkan surat BPS RI Nomor: B-069/04300/SS.510/01/2023 tertanggal 26 Januari 2023, disebutkan sebanyak 12 desa/kelurahan berhak menerima penghargaan Award Desa Cantik terbaik tahun 2022.

Baca Juga :  Buka Porseni Disemarak HUT Konawe, Harmin Ramba: Atmosfirnya Kegembiraan dan Silaturahmi

Adapun 12 desa/kelurahan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1.Desa Sukajaya Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan,
2. Desa Bukit Selabu Kabupaten Musi Banyuasin,
3. Desa Tanjung Raya Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur,
4. Kelurahan Gunung Ketur Kota Yogyakarta ,
5. Desa Gumeng Kabupaten Gresik.

6. Kelurahan Karangsari Kota Blitar,
7. Desa Serdang Kulon Kabupaten Tangerang,
8. Desa Perancak Kabupaten Jembrana, 9. Desa Punggul Kabupaten Badung,
10. Desa Potangoan Kabupaten Buol,
11. Kelurahan Toriki Kabupaten Konawe
12. Desa Landau Tubun Kabupaten Melawi.

Laporan: Jaspin