Pemdes Lahotutu Ciptakan Wisata Desa Pemancingan dan Kuliner

waktu baca 2 menit
Pembangunan Jalan Usaha Tani Desa Lahotutu.

KONAWE – Wisata pemancingan dan kuliner bakal menjadi aikon Desa Lahotutu, Kecamatan Wonggeduku Barat, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Melalui anggaran Dana Desa (DD) Pemerintah Desa (Pemdes) Lahotutu saat ini sementara melakukan pembangun Jalan Usaha Tani (JUT) tempat dimana wisata kuliner itu dikembangkan.

Kepala Desa Lahotutu Umar, SST melalui Sekdesnya Bahjar menuturkan bahwa pembangunan JUT merupakan akses utama menuju di wisata pemancingan dan kuliner. Selain itu juga merupakan akses menuju persawahan warga.

“Jadi pembangunan jalan ini selain akses menuju wisata desa, juga akses menuju persawahan. Rencananya nanti akan di lanjutkan menuju akses persawahan,” jelas Bahjar, Rabu (18/8/2021).

Adapun panjang JUT yang sementara dikerjakan sepanjang 105 meter. Ditambah pembangunan drainase kiri kanan sepanjang 105 meter juga.

“Jadi JUT ini satu paket sama drainasenya kiri kanan. Yang turut bekerja adalah warga sendiri dengan sisitem Padat Karya Tunai Desa (PKTD),” ucapnya.

DD tahap dua ini kebetulan pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) juga sudah selesai disalurkan. Untuk penerima manfaat sebanyak 41 orang.

Selanjutanya kata Bahjar, penanganan dan pencegahan Covid juga masih terus kami laksanakan, dimana didalamnya terdapat insentif para kader kesehatan desa dan posyandu, TK dan Faud.

“Ada juga anggaran pemeliharaan lampu jalan. Yang terakhir ada pelatihan digitalisasi yang rencananya akan dilaksanakan disalah satu hotel di Kendari dalam waktu dekat ini,” tuturnya.

Laporan: Jaspin