KonaweWarta Desa

Pemdes Tirawuta Bangun JUT dan Empang Gali Melalui DD Tahap Dua 2021

KONAWE – Pemerintah Desa (Pemdes) Tirawuta, Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini mulai mengelola Dana Desa (DD) tahap II dengan membangun Jalan Usaha Tani (JUT) dan melakukan pembuatan Empang gali.

Dalam pembangunan JUT dan pembuatan Empang gali, pihak Pemdes telah menurunkan satu unit alat berat jenis Excavator untuk memaksimalkan pembangunan JUT yang panjangnya 1300 meter serta penggalian Empang berukuran 10×15 sebanyak 23 buah.

Kepala Desa Tirawuta, Nasrudin mengungkapkan dalam pembangunan JUT serta Empang gali, pihaknya melibatkan 35 warga untuk melakukan perintisan pembangunan jalan tersebut dan pekerjaan selanjutnya dikerjakan menggunakan excavator.

Advertisement

“Kami melibatkan 35 warga untuk merintis JUT dan selanjutnya dikerjakan menggunakan Excavator setelah itu akan dilakukan pembenahan melalui program Padat Karya Tunai (PKTD),” katanya.

Selain JUT, Kades Tirawuta mempunyai inovasi yang menarik, yakni membuat Empang gali sebanyak 23 buah dan akan dikelola oleh warganya.

“Selain JUT, kami juga membuat 23 Empang gali,” kata Nasrudin saat ditemui di lokasi pembuatan Empang gali, Senin (16/8/2021).

Selain itu, Nasrudin juga mengungkapkan jika pihaknya saat ini telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) terhadap 10 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Kami juga telah menyalurkan BLT untuk salur delapan kepada 10 KPM yang kami prioritaskan kepada Lansia, Janda serta Petani yang kurang mampu,” tandanya.

Laporan: Jaspin

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id