Pemkab Konawe Beri Bantuan Pupuk ke Petani Tongut dan Anggotoa

waktu baca 1 menit
Ketgam: Kepala Dinas TPHP, Gunawan Samad.

KONAWE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe bakal menyalurkan bantuan pupuk untuk petani. Bantuan tersebut diberikan sebagai stimulus agar produksi padi bisa tetap meningkat.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan (TPHP) Konawe, Gunawan Samad mengungkapkan, saat ini ada dua kecamatan yang tidak mendapatkan jatah pupuk bersubsidi. Dua kecamatan itu, yakni Kecamatan Tongut dan Anggotoa.

“Dua kecamatan ini belum mendapat kuota pupuk subsidi dari Kementerian Pertanian untuk Tahun 2022, dikarenakan belum memiliki nomor induk kecamatan,” ujarnya.

Akibatnya lanjut Gunawan, setiap proses penginputan permintaan pupuk subsidi kedua kecamatan ini tidak bisa dimasukkan datanya. Sehingga sebagai solusi, pihaknya memberikan langsung bantuan pupuk jenis Urea ke kelompok tani di dua kecamatan tersebut.

“Untuk jumlah kuotanya, nanti akan menyesuaikan kebutuhan di sana. Kita berharap, semoga bisa tercukupi,” jelasnya.

Gunawan juga menambahkan, Tongut dan Anggotoa bakal kembali diinput tahun ini, untuk permintaan tahun 2023. Ia optimis keduanya sudah bisa terdata sebagai penerima bantuan pupuk subsidi.

Laporan: Jaspin