Pemkab Konawe Optimis Desa Linonggasai Juara Lomba Desa Tingkat Provinsi

waktu baca 2 menit
Ketgam: Kadis PMD Konawe, Keni Yuga Permana.

KONAWE – Panitia lomba desa tingkat Kabupaten Konawe akhirnya menunjuk Desa Linonggasai Kecamatan Wonggeduku Barat (Wobar) untuk mewakili daerah ke tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Desa Linonggasai sendiri merupakan desa yang sangat majemuk. Di sana hidup rukun beragam suku dan agama yang membuatnya seperti miniatur Indonesia. Semangat Pemdes setempat dalam mengikuti lomba juga menjadi modal besar untuk memenangkan lomba tingkat provinsi.

Sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas PMD Konawe, Keni Yuga Permana, Desa Linonggasai telah dinyatakan lolos penilaian administrasi lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi. Desa yang dinahkodai L. Tuduan tersebut akan berlanjut mengikuti penilaian ke tahap selanjutnya, yakni penilaian lapangan.

“Pada penilaian administrasi Desa Linonggasai masuk urutan keempat dari delapan desa,” ungkap Keni.

Keni melihat ada peluang besar untuk Linonggasai. Untuknya itu, pihaknya akan melakukan berbagai persiapan yang dibutuhkan saat penilaian lapangan.

“Kita sudah melihat dan mempelajari mana saja yang akan kita benahi,” terangnya.

Sebagai tindak lanjut, Keni mengaku telah menyampaikan kepada Camat Wobar, Abdul Hasim untuk melakukan rapat bersama pemerintah Desa Linonggasai. Ia meminta agar mengidentifikasi hal apa saja yang akan dilakukan pembenahan di Desa Linonggasai.

“Kemungkinan besar kami akan melakukan pembinaan dengan melibatkan instansi terkait. Terkait indikator – indikator apa saja yang akan dinilai dan itu yang akan kita benahi. Yang jelasnya, kita menarget bisa keluar sebagai juara satu,” pungkasnya.

Laporan: Jaspin