Peringatan HKN, Pemda Koltim Gelar Senam Sehat

waktu baca 2 menit

KOLAKA TIMUR, Sultranews.co.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra) memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59, Selasa (14/11/2023).

Peringatan HKN tersebut, Pemda Koltim menggelar senam sehat sebelum melakukan upacara.

Senam sehat diikuti Bupati Koltim Abd Azis, Kapolres Koltim AKBP Yudhi Palmi DJ, Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa, Ketua TP PKK Koltim Hartini Azis, Ketua Bawaslu Koltim Abang Laliasa, pimpinan OPD, camat dan kapus, di lapangan Nur Latamoro Kelurahan Rate-Rate.

Usai menggelar senam, dilanjutkan upacara HKN. Bupati Azis dalam amanatnya membacakan sambutan tertulis Menteri Kesehatan RI.

Azis mengatakan, ada enam pilar transformasi kesehatan penopang sistem kesehatan Indonesia harus dibangun bersama dan terus menerus sebagaimana amanat yang terdapat dalam UUD 1945 ‘Setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan dan negara bertanggung jawab terhadap penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan yang layak.

“Pasca disahkannya UU Nomor 17 tahun 2023 tentang kesehatan, pemerintah kini sedang menyusun rencana RIBK (Rencana Induk Bidang Kesehatan) yang berfungsi sebagai haluan bersama dalam upaya pembangunan kesehatan di seluruh Indonesia,” Kata Abdul Azis.

Azis bilang, Pesan Menteri, RIBK diacu oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam merencanakan, menganggarkan, dan mengimplementasikan program Kesehatan di wilayah masing-masing.

Enam pilar transformasi kesehatan dapat ditegakkan untuk perubahan yang lebih baik apabila ada kolaborasi yang erat dan sinergi yang kuat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan seluruh elemen masyarakat. Tidak kalah penting, transformasi kesehatan tidak akan terwujud tanpa transformasi budaya kerja para insan Kesehatan.

“Sebagaimana yang sering disebut bapak menteri, pilar transformasi ke tujuh, nilai-nilai dasar ASN BerAKHLAK wajib kita hidupi untuk mewujudkan birokrasi yang akuntabel, lincah, professional, dan tidak korupsi serta melayani masyarakat dengan sepenuh hati,” ujarnya.

Rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya diberikan kepada segenap insan kesehatan yang telah berjuang tanpa mengenal lelah dalam melaksanakan pembangunan kesehatan Indonesia.

“Terima kasih kepada tenaga medis, tenaga kesehatan, tenaga pendukung kesehatan, LSM, swasta, media, profesional, akademisi, seluruh pegawai dan pejabat pemerintah pusat dan daerah serta tak lupa para kader, terima kasih! Dan terus semangat, sebab perjuangan kita belum selesai,” Kata Menkes Budi yang diwakili oleh Sekjen, disampaikan Bupati Koltim.

Usai upacara, dilanjutkan pemberian piagam penghargaan akreditasi bagi sejumlah puskesmas, penberian bantuan peralatan kesehatan kepada puskesmas, lalu pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah.

SN