Raih Prestasi Gemilang, KSK Terus Dukung Pembangunan Berkelanjutan

waktu baca 2 menit
Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK), mendukung kelancaran aktivitas perekonomian dan sosial masyarakat, Kabupaten Konawe telah membangun infrastruktur strategis.

KONAWE, Sultranews.co.id – Kabupaten Konawe terus menorehkan prestasi gemilang dalam berbagai sektor pembangunan dan keberlanjutan. Dalam sektor kesehatan, Kabupaten Konawe berhasil membanggakan rumah sakitnya, Rumah Sakit Unaaha, yang kini menjadi salah satu rumah sakit rujukan penanganan kesehatan di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Di samping itu, Kabupaten Konawe tetap berfokus pada pembangunan sumber daya lokal yang menjadi kearifan masyarakat setempat, seperti pembangunan di bidang pertanian, peternakan, dan perikanan.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK), menjelaskan, untuk mendukung kelancaran aktivitas perekonomian dan sosial masyarakat, Kabupaten Konawe telah membangun infrastruktur strategis. Selain itu, penataan akuntabilitas penggunaan APBD dan pelaporannya juga menjadi perhatian serius dalam penyelesaian pemerintahan daerah.

“Ini adalah hasil dari integrasi strategi pembangunan selama 10 tahun terakhir dan hasilnya telah kita rasakan bersama. Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Konawe selalu menjadi yang terbaik dalam 5 tahun terakhir, bahkan pada tahun 2022, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Konawe tumbuh jauh melampaui daerah lainnya di Sulawesi Tenggara, yaitu mencapai 15,38%,” ungkap KSK belum lama ini.

Berbagai capaian positif juga terjadi di bidang sosial dan kesejahteraan. Angka kemiskinan berhasil diturunkan hingga 12,57%, dan indeks pembangunan manusia (IPM) mencapai 72,04 dengan status IPM tinggi. Pendapatan per kapita penduduk juga meningkat signifikan hingga 34 juta/kapita/tahun atau 2,8 juta/kapita/bulan. Tingkat partisipasi angkatan kerja mencapai 70%, dan Kabupaten Konawe berhasil keluar dari status daerah tertinggal.

Bupati dua periode ini mengungkapkan, Kabupaten Konawe telah menerima berbagai penghargaan atas prestasi-prestasi tersebut. Salah satunya adalah penghargaan berupa Lencana Bakti Transmigrasi dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi sebagai apresiasi atas keberhasilan daerah dalam pembangunan di bidang transmigrasi. Kabupaten Konawe juga menjadi daerah dengan peringkat ke-7 realisasi investasi tertinggi di Indonesia.

Baca Juga :  Dilakukan Bertahap, Pemdes Ranotundobu Bangun Balai Serbaguna

Di sisi akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan di desa, Desa Ahuawatu Kecamatan Pondidaha berhasil terpilih oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai perwakilan dari Provinsi Sulawesi Tenggara dalam ajang penilaian Desa Anti Korupsi tingkat nasional.

Prestasi-prestasi ini menunjukkan komitmen dan kerja keras pemerintah dan masyarakat Kabupaten Konawe dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyatnya. Semoga prestasi-prestasi ini terus menginspirasi daerah lain untuk mencapai kemajuan yang lebih baik di masa depan.

SN