KonawePendidikan

Target Peningkatan Akreditasi Sekolah di Konawe Terus Digenjot

KONAWE – Target peningkatan akreditasi Sekolah khususnya di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), terus digenjot oleh Pemerintah Konawe melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), yang dibuktikan dengan menggelar Sosialisasi Akreditasi tahun 2022 tingkat SD/MI, SMP, MTs, SMA dan SMK, Rabu (11/5/2022).

Peningkatan akreditasi sekolah di Konawe, merupakan perwujudan dari tindak lanjut dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No 13 Tentang Badan Akreditasi Nasional S/M dan Badan Akreditasi Nasional PAUDNI serta Pendidikan Non Formal.

Kepala Dinas Dikbud Konawe, Dr. Suryadi, S.Pd., M.Pd melalui KPA Peitan Sutanto mengatakan, tujuan digelarnya sosialisasi akreditasi yaitu sekolah maupun madrasah dapat lebih memahami mekanisme, strategi dan fungsi akreditasi yang sesuai aturan berlaku sehingga proses akreditasi dapat dilakukan dengan baik dan berjalan lancar.

Advertisement

Karenanya, lanjut Sutanto, di tahun 2022 ini pencapaian nilai akreditasi sekolah di Konawe baik SMA maupun SMK, harus lebih ditingkatkan lagi. Karena saat ini akreditasi B dan C hampir seimbang.

Sedangkan dari data Akreditasi sampai tahun 2022, Sutanto menjelaskan, jika seluruh sekolah yang berada di Konawe untuk Akreditasi nilai C sudah mencapai 75 persen, untuk nilai A sudah mencapai 29,3 persen, dan nilai akreditasi B sudah mencapai 25 persen.

“Itu sudah dari satuan pendidikan lingkup Dikbud dan Kemenag,” ujarnya.

Selain itu, Peitan menambahkan, sosialisasi ini menindak lanjuti peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan RI No 13 tentang badan akreditasi Nasional S/M dan badan akreditasi Nasional PAUDNI serta pendidikan non formal.

“Kegiatan ini digelar selama satu hari berdasarkan surat kepala badan akreditasi Sultra 097 dan 097a/BAN-S/M/M-P/AK/2022 tentang S/M RE-Akreditasi tahap dua,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan sosialisasi tersebut digelar di salah satu ruang pertemuan swasta di Kecamatan Unaaha dan bekerjasama dengan Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah (BAN-SM) provinsi Sulawesi tenggara (Sultra).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Kepala Dinas (Kadis) Diknas Suriyadi, Sekdis Dikbud Sesi Sernita, Koordinator Pelaksana Akreditasi (KPA) Peitan Sutanto, Kabid GTK Ganepo, Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Panmed) Kemenag Konawe dan diikuti oleh ratusan utusan sekolah se Kabupaten Konawe.

Laporan: Jaspin

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id