KonawePendidikan

TNI di Konawe Sediakan Internet Gratis Bantu Anak Tidak Mampu Belajar Online

Pandemi Covid-19

Konawe – Komando Rayon Militer (Koramil) Wawotobi, menyediakan internet gratis bagi pelajar tidak mampu yang kesulitan mendapat akses internet di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Selain internet gratis, di kantor Koramil itu juga menyediakan faslitias lainnya untuk membantu pelajar menyelesaikan tugasnya secara online.

Komandan Koramil Wawotobi, Kapten Inf. Salmar Gona mengatakan, pembuatan fasilitas itu bertujuan untuk membantu pelajar dari kalangan tidak mampu yang kesuitan menjangkau akses internet dalam kegiatan belajar secara online di tengah pandemi Covid-19.

“Jadi ini kita buat di kantor kami yaitu di Koramil Wawotobi, fasilitas yang kita sediakan internet gratis atau wifi gratis dan sarana pendukung lainnya. Ini kita khususkan untuk pelajar dari tingkat SD, SMP dan SMA,” ujar Salmar saat dihubungi Sultra News, Rabu (12/8/2020).

Belajar online diterapkan dengan protocol Covid-19 di Koramil Wawotobi

Salmar menerangkan, mekanisme yang diterapkan pada fasilitas itu jumlah pelajar digilir bergantian dengan mengedepankan protocol Covid-19.

“Sistemnya kita gilir setiap 20 orang kemudian digantikan dengan pelajar lainnya. Jadi kalau yang 20 orang ini sudah selesai mengerjakan tugasnya, diganti lagi dengan yang berikutnya,” kata pria ini yang juga mantan Komandan Koramil Ranomeeto.

Untuk pelajar itu sendiri, Salmar bekerja sama dengan Babinsa yang bertugas di lingkup wilayahnya untuk melakukan pendataan pada daerah yang tidak terjangkau internet khususnya tidak mampu.

“Jadi Babinsa kita berkeliling melakukan pendataan di wilayahnya masing-masing, mencari pelajar yang memang dari kalangan tidak mampu atau tidak punyab akses internet. Setelah terdata, mereka itulah yang akan kita siapkan untuk bejalar dengan wifi gratis di Koramil Wawotobi,” jelasnya.

Munculnya ide tempat belajar dan wifi gartis itu, berawal dari gagasan Panglima Kodam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka yang berkeinginan membantu pelajar dari kalangan tidak mampu di tegah pandemi Covid-19.

“Jadi ini berawal dari gagasan bapak Pangdam XIV/Hasanuddin, ingin membuat sebuah terobosan agar pelajar yang kesulitan belajar secara online di tengah pandemi ini dapat disiapkan fasilitas khusus. Sehingga dibuatkanlah pusat wiffi gratis ini yang serentak dibuat diseluruh Koramil di wilayah masing-masing,” pungkasnya. (SN)

Baca Juga :  Pangdam XIV Hassanuddin Bantu Bedah Rumah Warga Tidak Mampu

Back to top button
error: Content is protected !!