KonaweWarta Desa

Wujudkan Kampung Sehat Dimasa Pandemi, 15 Desa di Konawe Ikuti Pelatihan Bidang Kesmas

KONAWE – 15 Desa di Kecamatan Besulutu, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), hari ini Kamis 10 Juni 2021, mengikuti pelatihan bidang kesehatan masyarakat (Kesmas) guna mewujudkan desa sehat dan sejahtera melalui desa aman di masa Pandemi Covid-19, yang digelar di Hotel Claro Kota Kendari.

Kegiatan pelatihan tersebut dimaksudkan agar lebih meningkatkan pemahaman mengenai kesehatan di desa tersebut.

Foto bersama 15 Kepala Desa (Kades) se-Kecamatan Besulutu, Kabupaten Konawe.

Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Konawe Keny Yuga Permana, S.STP, saat membuka pelatihan tersebut menyampaikan, bahwa penggunaan DD bertujuan untuk pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan desa dan program prioritas nasional.

“Kegiatan hari ini menyangkut penggunaan DD untuk adaptasi kebiasaan baru desa, sebagaimana dalam mewujudkan desa sehat dan sejahtera melalui desa aman COVID-19,” ucapnya.

Begitupula dengan Camat Besulutu Arlin L, S.E juga menyampaikan bahwasanya pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Kader PKK dan kader kesehatan yang ada di desa mampu memahami pemenuhan hak kesehatan masyarakat dalam rangka pemberdayaan masyarakat menuju kemandirian dan kesejahteraan.

Para peserta pelatihan dari kader PKK, Tenaga Kesehatan dari 15 desa se-Kecamatan Besulutu, Kabupaten Konawe.

“Saya ingin semua peserta yang ikut dalam kegiatan ini, harus betul-betul serius ikuti pelatihan agar manpaatnya terhadap masyarakat sangat baik dalam membantu Pemerinrah desa saat pelayanan kesehatan,” tutur Arlin di hadapan peserta.

Sementara itu Ketua Badan Kerja Sama Antar Desa (BKAD) Dedi Kurniawan mengatakan, dalam kegiatan itu diikuti 5 orang peserta pada setiap desa se-Kecataman Besulutu. Masing-masing Kepala Desa (Kades), keterwakilan PKK 2 orang, kader posyandu 1 orang dan Kader Pembangunan Manusia (KPM) 1 orang.

“Jumlah keseluruhan ada 75 orang yang ikut kegiatan pelatihan bidang kesehatan masyarakat. Kader dan tenaga kesehatan melalui APBDes, ini mewakili 15 desa se-Kecamatan Besulutu,” jelasnya.

Ketua BKAD Besulutu Dedi Kurniawan, saat menyampaikan laporannya.

“Adapun kegiatan tersebut, berlangsung selama empat hari sejak tanggal 10-13 Juni 2021, yang dibuka langsung oleh Kadis PMD Konawe,” tutup Dedi.

Laporan   : Jaspin

Publisher : Deri Periansyah

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id