10 Demonstran Diamankan, Diduga Lakukan Pembakaran Terhadap Dua Polisi Saat Mengawal Unjuk Rasa

waktu baca 2 menit
Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiyadi, saat menjenguk anggotanya di BLUD Rumah Sakit Konawe, Senin (15/1/2024) petang.

KONAWE, Sultranews.co.id – Dua personel Polres Konawe mengalami luka bakar saat mengawal jalannya aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh Kerukunan Keluarga Napooha dan Walanapo (KANAWA) di depan kantor Bupati Konawe, Senin 15 Januari 2024.

Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi, S.IK melalui Kasat Reskrim IPTU Patria W Sigit, S.Tr.K, S.IK, MM mengatakan insiden tersebut terjadi sekira pukul 09.45 WITA di depan gerbang masuk kantor Bupati Konawe.

Kasat Reskrim menjelaskan bahwa saat itu massa aksi menggelindingkan ban bekas ke arah pintu gerbang sambil menyiramkan bensin untuk dibakar. Sehingga tim negosiator KBO Samapta dan Kasat Binmas selaku pengendali lapangan menghimbau agar tidak melakukan pembakaran ban di depan gerbang karena massa aksi sudah siap di terima oleh Asisten II Pemda Kab. Konawe Muh. Akbar, SP, M.Si.

Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiyadi, saat menjenguk anggotanya di BLUD Rumah Sakit Konawe, Senin (15/1/2024) petang.

“Namun korlap tidak menerima, dan massa aksi menggelindingkan ban kedua yang sudah disiram bensin sebelumnya dan saat ban tersebut sampai digerbang langsung disulut dengan korek api sehingga membakar pakaian Personel Polres Konawe AKP Kadek Sudiadnyana, S.Sos (Kasat Binmas Polres Konawe) dan Aiptu Amin Sutiarso dan menyebabkan luka bakar terhadap dua Personel Polres Konawe tersebut,” jelas IPTU Patria.

Menurut IPTU Patria, akibat kejadian tersebut, Kasat Binmas AKP Kadek Sudiadnyana dan Aiptu Amin Sutiarso menderita luka bakar di bagian wajah muka tangan. Kedua korban lanjut IPTU Patria sudah mendapatkan perawatan medis di RS Konawe.

Selanjutnya, Polres Konawe melakukan upaya penegakan hukum dengan mengamankan 10 orang koordinator lapangan (Korlap) dan beberapa massa aksi yang diduga melakukan pembakaran.

Baca Juga :  Juara Satu Karate O2SN Tingkat SMA, Pahri Zirat Putra Asrudin Melaju ke Tingkat Provinsi Sultra Wakili Konawe

“Saat ini, kami melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap 10 yang diduga terkait dengan insiden pembakaran ban bekas tersebut,” pungkas Kasat Reskrim IPTU Patria.

SN