KonawePendidikan

19 Napi Ikuti Ujian Paket C, Ka Rutan Unaaha: Mereka Patut Dapatkan Hak Mendapatkan Pendidikan

UNAAHA РSebanyak 19 orang Narapidana (Napi) yang saat ini menjadi warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Unaaha, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengikuti ujian kesetaraan Paket C pada semester akhir hari ketiga, dari empat hari yang telah dijadwalkan.

Keikutsertaan warga binaan dalam mengenyam pendidikan di dalam rutan tersebut, merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 32 Tahun 1999 tentang syarat dan tata cara pelaksanaan hak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Ujian Kesetaraan Paket C yang diselenggarakan oleh Rutan Kelas II B Unaaha itu, berjalan dengan baik berkat kerja sama antara Rutan Unaaha dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Konawe, melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Rutan Unaaha dengan Program Kejar Paket C bagi yang tidak lulus SMA.

Kepala Rutan Kelas II B Unaaha Herianto mengatakan, Rutan Unaaha tergerak untuk fokus memberikan hak mendapatkan pendidikan kepada para WBP. Sebab menurutnya, masih banyak dari mereka, masih dalam usia produktif

“Semoga mereka yang putus sekolah minimal bisa melanjutkan belajar dan mendapatkan ijazah yang dapat dipergunakan nanti setelah bebas,” kata Herianto, Rabu (7/4/2021).

Adapun Ujiannya sendiri, lanjut Herianto, ada tujuh mata pelajaran. Yakni Bahasa Indonesia, Geografi, Matematika, Sosialogi, Bahasa Inggris, Ekonomi dan Pendidikan Kewarganegaraan (PKN).

“Tadi saya sendiri memantau langsung adik-adik sementara mengerjakan soal. Tampaknya mereka sangat serius dan antusias mengerjakan soal-soal yang diujiankan,” tuturnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan ujian Kesetaraan Paket C, dilaksanakan di Aula Rutan Unaaha yang diawasi langsung oleh Karutan Unaaha, dan tim Pengawas dari Dinas Pendidikan Kabupaten Konawe.

SN

 

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id