Kolaka TimurPolitik

25 Calon Anggota DPRD Koltim Bakal Dilantik Oktober, Nasdem Dominasi Kursi Ketua

sultranews.net – Sebanyak 25 calon anggota Dewan Perwakikan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 lalu, rencananya akan dilantik pada bulan Oktober mendatang.

Hal itu terbukti setelah KPU Koltim menetapkan hasil perolehan suara partai, penetapan kursi dan suara caleg melalui rapat pleno terbuka di Aula Paripurna Koltim, Senin (12/8/2019).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Koltim Suprihaty Prawaty Nengtias mengatakan, dari hasil penetapan perolehan suara partai politik untuk DPRD Koltim sendiri, terdapat 25 kursi, dari 8 Partai Politik (Parpol).

“Hari ini kami lakukan penetapan perolehan suara partai politik untuk DPRD Kabupaten Koltim untuk perolehan kursi dan suara caleg. Nasdem mendominasi dari beberapa kursi, sehingga untuk kursi ketua bakal diduduki dari Partai Nasdem, Pan dan PKS” ujar Nengtias.

Adapun ke 8 Parpol yang berhasil menduduki kursi legislatif itu yakni, Partai Nasdem mendapatkan 8 kursi. Sementara PAN peroleh 4 kursi, PDIP 3 kursi, PKS 3 kursi, Golkar 2 kursi, Partai Demokrat 2 kursi, Partai Gerindra 2 kursi, dan terakhir PBB mendapatkan 1 kursi saja.

Dari hasil penetapan perolehan suara, kata Nengtias, KPU Koltim selanjutnya akan melayangkan surat ke Bupati Koltim dan KPU Sultra. Hal itu terkait pengambilan sumpah dan pelantikan anggota DPRD Koltim terpilih periode 2019 – 2024.

“Kalau berdasarkan jadwal dan masa kerja, seharusnya anggota dewan yang terpilih ini bakal dilantik 28 Oktober. Karenanya, kami selanjutnya mengirimkan hasil penetapan ini dan surat kepada bupati dan KPU Provinsi,” imbuhnya.

Laporan : Jaspin

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id