Kain Tenun Motif Sorume Asal Koltim Sulawesi Tenggara Menggema di Indonesia Fashion Week 2023

waktu baca 2 menit
ain tenun bermotif 'SORUME' khas dari Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), menjadi kebanggaan tersendiri bagi Sultra khususnya Koltim, tampil pada kegiatan Fashion Week (IFW) 2023 yang digelar di Jakarta Convention Center, Jakarta, Sabtu(25/2/2023) sore ini. Foto Istimewa

JAKARTA – Kain tenun bermotif ‘SORUME’ khas dari Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), menjadi kebanggaan tersendiri bagi Sultra khususnya Koltim, tampil pada kegiatan Fashion Week (IFW) 2023 yang digelar di Jakarta Convention Center, Jakarta, Sabtu(25/2/2023) sore ini.

Motif Sorume ini dimaksudkan sebagai Wulele Sorume atau dalam bahasa Indonesia adalah Bunga Anggrek, yang mana saat ditampilkan mengundang riuh gemuruh seluruh penonton di acara Indonesia tersebut.

Acara IFW 2023 di ikuti sejumlah kabupaten di Sultra yang turut disaksikan Sekda Provinsi Sultra Drs. Asrun Lio bersama istri, Bupati Koltim Abd Azis, S.H., M.H bersama istri yang juga Ketua Dekranasda Koltim Hartini Azis A.Ma, dan sejumlah bupati bersama istri, serta ratusan masyarakat Jakarta sendiri.

Dengan menampilkan sejumlah model yang memamerkan kecantikan dan keindahan kain tenun bermotiv Sorume, mengundang seluruh mata para penonton yang hadir dimomen tersebut.

ain tenun bermotif ‘SORUME’ khas dari Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), menjadi kebanggaan tersendiri bagi Sultra khususnya Koltim, tampil pada kegiatan Fashion Week (IFW) 2023 yang digelar di Jakarta Convention Center, Jakarta, Sabtu(25/2/2023) sore ini. Foto Istimewa

Selain karena kegigihan seorang Hartini Azis untuk terus menampilkan serta mempromosikan motif salah satu bunga khas Koltim ini, Desainer Amir Malik juga merupakan sosok dibalik penampilan mengagumkan tersebut.

Usai kegiatan tersebut, Harini Azis menyampaikan, Sorume yang menjadi ciri khas Koltim harus terus diperkenalkan dari tingkat kabupaten, provinsi, nasional hingga internasional.

“Tenun motiv Sorume, adalah ciri khas kita di Kolaka Timur yang harus terus diperkenalkan dan digaungkan, agar semakin dicintai masyarakat Kolaka Timur sendiri,” harapnya. (Diskominfo)

#GEMAS
#GerakanMembangundanMelayaniMasyarakat
#KolakaTimur

Laporan: Sultranews