Buton Utara

Aksi Cepat Tanggap Pemda Butur Tinjau Jalan Penghubung Akibat Longsor

BUTON UTARA – Pemerintah Daerah (Pemda) Buton Utara (Butur) melakukan peninjauan terhadap longsor di Jalan Pantura di Kecamatan Kulisusu Utara, Kabupaten Butur, pada Minggu 20 Juni 2021.

Longsor yang memutuskan akses jalan antara Kulisusu Utara dan Wakorumba Utara sampai hari ini pun belum bisa dilalui kendaraan.

Mengetahui hal tersebut, Bupati Butur H. Muh. Ridwan Zakariah, M.Si bersama Wakil Bupati Butur Ahali, SH., MH., turun ke lokasi guna melihat longsor yang menutupi seluruh ruas jalan yang disertai dengan banjir.

Advertisement

Pantauan sultranews.co.id jalan yang tertimbun material tanah membuat warga setempat kesulitan untuk memasarkan hasil produksinya.

Namun Bupati Butur tak hanya diam, ia memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk segera mengatasi longsor tersebut.

“Sambil menunggu alat berat diturunkan, saya himbau para pengguna jalan untuk sementara memutar ke arah Maligano karena tak ada jalan alternatif lain,” himbaunya.

Ruas jalan antara Wakorumba dan Wadeburi merupakan jalan Pantai Utara (Pantura) pulau Buton yang rawan dengan bencana longsor.

Longsor yang disebabkan curah hujan tinggi selama sepekan itu diperkirakan diawali pertengahan Bulan Juni sampai saat ini.

Akibat dari itu, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan dalam bencana ini namun akses antara Kulisusu Utara dan Wakorumba Utara mengalami kesulitan bagi warga yang akan memasarkan produksinya.

Laporan : AL Iwal
Editor : Muh. Alpriyasin

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id