Anak Balita Tiga Tahun Tenggelam di Saluran Irigasi Padangguni Konawe

waktu baca 2 menit

KONAWE – Sebuah insiden tragis terjadi di Desa Padangguni Utama, Kecamatan Abuki, Kabupaten Konawe. menewaskan seorang anak balita bernama Agus (3) ditemukan sudah tidak bernyawa di saluran irigasi desa setempat, Pada Selasa (7/3/2023) sekira pukul 16.00 WITA.

Kejadian tersebut dilaporkan oleh seorang pelajar perempuan bernama Dea, yang menemukan korban tenggelam saat sedang mencuci motor di saluran irigasi. Saksi lainnya, Sila Putri Adelia, seorang pelajar berusia 8 tahun, melihat korban terapung di atas saluran irigasi dan memanggil bantuan dari Dea.

Kedalaman air di saluran irigasi saat itu sekitar 120 cm dengan arus yang cukup deras. Setelah berhasil dievakuasi oleh Dea, korban kemudian dibawa ke puskesmas Abuki. Namun sayangnya, korban sudah dalam kondisi meninggal saat tiba di puskesmas.

Pihak kepolisian dari Polsek Abuki melakukan tindakan piket dengan mendatangi TKP, meminta keterangan dari warga sekitar/saksi, berkoordinasi dengan pihak medis puskesmas Abuki, dan mencoba membuat surat penolakan otopsi dari pihak keluarga korban. Namun, keluarga korban menolak untuk melakukan otopsi.

Keluarga korban, yang tinggal sekitar 200 meter dari lokasi kejadian, tidak mengetahui tentang insiden tersebut karena sedang bekerja. Kami mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap bahaya di sekitar saluran air terbuka seperti saluran irigasi.

Sebagai orang tua, kita harus selalu memperhatikan dan menjaga anak-anak kita agar tidak bermain di sekitar area berbahaya seperti saluran irigasi yang deras dan dalam. Semoga insiden ini dapat menjadi peringatan bagi kita semua untuk lebih waspada terhadap bahaya di sekitar lingkungan kita.

SN