EkonomiKonawe

April-Mei, Kabupaten Konawe Salurkan BLT Desa Kepada Masyarakat Kurang Mampu

Konawe – Bantuan Langsung Tunai(BLT) Kabupaten Konawe provinsi Sulawesi Tenggara(Sultra) siap disalurkan kepada masyarakat kategori kurang mampu.

Keny Yuga Permana, selaku Kadis DPMD Konawe mengatakan bahwa ini sesuai dengan surat edaran dari Kementrian Desa nomor 8 tahun 2020 tentang penaganan Covid-19 dalam agenda padat karya tunai. Selain itu, ini juga terkait dengan surat edaran nomor 11 tahun 2020, tentang pendataan BLT.

“Setelah surat edaran turun, langsung diinstruksikan kepada masing-masing desa, untuk mengalokasikan anggaran tersebut melalui pembahasan APB-des” jelasnya.

“Untuk juknisnya kami masih menunggu, karena didalamnya tentang besaran biaya yang akan disalurkan” lanjutnya.

“BLT ini diperuntuhkan untuk masyarakat miskin, balita, lansia, pemderita penyakit kronis dan karyawan yang sedang dirumahkan. Ini akan disalurkan melalui desa penerima Dana Desa(DD)” Ungkap Yuga.

Yuga mengatakan saat ini desa sedang melakukan pendataan kepada masyarakat yang berhak mendapatkan BLT.

“Data tersebut akan kembali divalidasi dan diverifikasi oleh pemerintah kabupaten. Supaya dapat dicocokkan dengan data Dinas Sosial (Dinsos) untuk menghindari terjadi tumpang tindih dengan penyaluran BLT dari Kemensos”

Lanjut Yuga”Hasil seleksi nama nama tersebut kemudian akan dituangkan dalam keputusan bupati sebagai penerima BLT tingkat desa”

“secepatnya. kita mulai bayarkan di antara April atau Mei 2020 ini, guna mengudangi beban masyarakat yang terdampak Covid-19” pungkasnya.(SN)

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id