EkonomiViral

Awalnya Dianggap Sepele, Tanaman Porang Ternyata Bernilai Miliaran

sultranews.net – Tahukah anda, saat ini ada salah satu tanaman yang sedang viral dan ramai diperbincangkan di media sosial (medos).

Namanya tamanan ‘Porang’ atau dikenal juga dengan nama iles-iles adalah tanaman umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri.

Dikutip dari artikel tirto.id, tanaman porang ini banyak digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air, selain juga untuk pembuatan lem dan “jelly” yang beberapa tahun terakhir kerap diekspor ke negeri Jepang.

Advertisement

Bahkan ternyata, tanaman yang sebelumnya diangggap sepele ini ternyata juga bernilai tinggi dan telah menjadi lahan bisnis di perdagangan internasional.

Dilansir dari artikel Pertanian.go.id, tanaman porang memiliki nilai strategis untuk dikembangkan, karena punya peluang yang cukup besar untuk diekspor.

Catatan Badan Karantina Pertanian menyebutkan, ekspor porang pada tahun 2018 tercatat sebanyak 254 ton, dengan nilai ekspor yang mencapai Rp 11,31 miliar ke negara Jepang, Tiongkok, Vietnam, Australia dan lain sebagainya. 

Umbi porang saat ini masih banyak yang berasal dari hutan dan belum banyak dibudidayakan. Ada beberapa sentra pengolahan tepung porang saat ini,  seperti di daerah Pasuruan, Madiun, Wonogiri, Bandung serta Maros.

Umbi porang saat ini masih banyak yang berasal dari hutan dan belum banyak dibudidayakan. Ada beberapa sentra pengolahan tepung porang saat ini,  seperti di daerah Pasuruan, Madiun, Wonogiri, Bandung serta Maros. (SN)

Sumber. tirto.id, pertanian.go.id

Back to top button