Bapas Baubau Terima Penghargaan P2HAM dari Kementrian

waktu baca 2 menit
Kepala Bappas Baubau, Sri Maryani saat menerima Piagam predikat P2HAM dari Kementrian

BAUBAU, Sultranews.co.id – Sebanyak 241 unit kerja lulus tahap penilaian dan mendapat predikat Pelayanan Publik Berbasis Hak Asasi Manusia (P2HAM), salah satunya Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Baubau.

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Menkumham – RI) Yasonna H Laoly, yang digelar di Aula Kanwil Sultra, Senin (6/11/2023).

“Berdasarkan, Keputusan Menkumham RI No.M.HH-02.HA.02.01.01 tahun 2023, keberhasilan ini merupakan komitmen Bapas Baubau secara kompak oleh seluruh jajaran serta mewujudkan pelayanan Bapas Baubau yang semakin prima,” ungkap Sri Maryani, Kepala Bappas Baubau melalui rilisnya.

Kata Sri Maryani, pemenuhan P2HAM merupakan salah satu langkah nyata jajaran Bapas Baubau untuk terus memberikan pelayanan tanpa diskriminasi yang berpedoman pada prinsip Hak Asasi Manusia dengan berorientasi pada kebutuhan dan pemenuhan akses sarana dan prasarana penunjang.

“Hal tersebut, demi kepuasan penerima layanan publik termasuk terhadap kelompok rentan penyandang disabilitas,” katanya.

Selain Bappas Baubau, lanjut Kabapas, empat unit pelaksana teknis jajaran Kemenkumham Sultra lainnya turut berhasil meraih predikat P2HAM pada tahun 2023 ini yakni Imigrasi Kelas I TPI Kendari, Lapas Kelas II A Kendari, Imigrasi Kelas II Non TPI Baubau, dan Rutan Kelas II B Raha.

Selain itu, Kanwil Kemenkumham Sultra sendiri berhasil meraih predikat sebagai unit kerja P2HAM, kanwil terbaik secara nasional dan menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menkumham Yasonna H Laoly pada acara peluncuran Perpres Nomor 60 Tahun 2023 tentang Strategi Nasional Bisnis dan HAM, di Graha Pengayoman Jakarta.

Laporan: Kyy