KendariKesehatan

Bayi Kembar Siam Aqila dan Azila Akhirnya Tiba di Kendari

sultranews.net – Bayi kembar siam Aqila dan Azila akhirnya tiba di Gedung Private Medical Care Centre (PMCC) RSUD Kota Kendari, Jumat petang (15/11), sekitar pukul 19.30 WITA, setelah menjalani operasi dan perawatan selama 3 bulan 12 hari di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur.

Bayi Aqila dan Azila dijemput langsung oleh Pemerintah Kota Kendari yang diwakili Sekretaris Daerah Kota Kendari, Nahwa Umar, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kendari, Sry Lestari, Kepala Dinas Kesehatan, dr Rahminingrum dan dokter spesialis anak, dr Yenny SP.A.

Sekretaris Kota Kendari, Nahwa Umar mengatakan, pihaknya secara resmi menerima penyerahan bayi Aqila dan Azila dari Pemerintah Provinsi Surabaya, Jumat siang.

Nahwa mengatakan, penjemputan Aqila dan Azila sudah lama direncanakan, namun masih terkendala beberapa hal, salah satunya adalah kondisi Azila yang kurang sehat.

“Sebenarny sudah lama kami mau jemput. Tapi ada kendala. Bayi Azila mengalami pembengkakan di perut karena sulit untuk BAB. Tapi alhamdulilah, baru hari ini bisa kami jemput,” jelas Nahwa.

Nahwa bilang, selama proses operasi hingga perawatan Aqila dan Azila di RSUD dr Soetomo berjalan lancar dan baik. Pemprov Jatim dan Pemkot Surabaya, kata Nahwa, sangat antusias merawat bayi kembar siam tersebut.

“Semuanya berjalan lancar, satu hal yang kami catat, pihak provinsi Jatim sangat luar biasa terhadap penangan bayi kembar siam asal Kendari ini, sejak dari pertama tiba di Surabaya sampai pemulangan sangat luar biasa,” katanya.

Meski sudah berada di Kendari, Nahwa mengatakan bahwa Aqila dan Azila akan terus dirawat oleh tim dokter RSUD Kota Kendari berkoordinasi dengan RSUD Soetomo Surabaya.

Nahwa bilang, selama di Kendari bayi Aqila dan Azila akan terus di pantau perkembangannya secara ketat oleh tim dokter RSUD Kota Kendari, dan terus berkoordinasi dengan tim dokter RSUD Soetomo.

Kondisi Aqila saat ini sudah membaik, bahkan pertumbuhan motoriknya sangat berkembang pesat. Namun, untuk bayi Azila masih harus mendapat perawatan intensif karena ada plat yang dipasang di bagian dada.

Laporan : WAA

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id