Beberkan Sejumlah Capaian Bupati Konawe, Suryadi: KSK Berhasil Mendorong Lahirnya Guru Kreatif

waktu baca 2 menit
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe, Suryadi.

KONAWE, Sultranews.co.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), di bawah komando Bupati Kery Saiful Konggoasa (KSK) terus mengalami kemajuan di berbagai sektor diantaranya adalah pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe, Suriadi menyebut, Bupati KSK telah menorehkan sejumlah prestasi yang terbilang memuaskan selama menjabat sebagai bupati Konawe.

Ia membeberkan, di periode pertamanya menjabat, KSK berhasil mendorong lahirnya guru krearif mulai dari level daerah hingga tingkat nasional.

“Contoh guru di wilayah Kecamatan Latoma, pak guru itu berprestasi sampai ke nasional,” ujar Suriadi.

Ia menjelaskan di organisasi persatuan guru republik indonesia (PGRI) Konawe, Bupati KSK juga sangat mendukung sejak 2013 sampai sekarang. Selain itu, pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) maupun dana alokasi khusus (DAK).

“Tiga tahun terakhir DAK mulai menurun karena kebutuhan sarana sudah hampir terpenuhi,” katanya.

Suriadi menambahkan capaian yang paling teranyar adalah pengangkatan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) guru di Konawe. Menurutnya, pengangkatan guru P3K ini sangat fenomenal. Di tahun 2024 nanti, pihaknya kembali mendapat kuota sebanyak 863 yang juga atas dukungan KSK.

“Kalau terpenuhi, pemerataan guru di Konawe akan terjawab tercapai. Kalau yang sudah bertahun-tahun akan menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara). Kecuali guru honorer yang baru diangkat satu atau dua bulan. Pak Bupati berpikir kedepan mereka ini bisa menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil),” ungkapnya.

SN