KonaweNasionalNews

Bendungan Pelosika Segera Dibangun, Bupati KSK Imbau Warga Konawe Yang Terdampak Siapkan Dokumen Ganti Rugi

KONAWE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), baru-baru ini menggelar rapat bersama tim Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari, dan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Bidang Pengadaan Tanah, di salah satu hotel di Kendari.

Rapat tersebut membahas mengenai pembangunan Bendungan Pelosika di Kecamatan Asinua, Kabupaten Konawe. Tim membahas mengenai ganti rugi lahan dan tanaman, terhadap masyarakat terdampak di dua kabupaten, yakni Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), dan Kabupaten Konawe sebagai tuan rumah tempat pembangunan bendungan tersebut.

Dalam video yang diterima Sultranews.co.id, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengimbau warga terdampak pembangunan Bendungan Pelosika agar segera menyiapkan kelengkapan dokumen ganti rugi.

Advertisement

Kelengkapan dokumen tersebut diminta lantaran ganti rugi lahan warga yang terdampak pembangunan Bendungan Pelosika bakal segera dilakukan.

Bupati Kery mengatakan, pihaknya juga telah menggelar rapat bersama tim dari provinsi dalam rangka persiapan ganti rugi tanah untuk Bendungan Pelosika.

“Saya imbau warga Konawe, khususnya Kecamatan Latoma dan Asinua selalu berdoa semoga rencana ini terlaksana dengan baik,” katanya, Jumat (29/7/2022).

Ia menambahkan, masyarakat yang merasa ada hak kepemilikannya agar menyiapkan dokumen-dokumen pertanahannya.

Baca juga: Anggaran Bendungan Ameroro Capai Rp 1,5 Triliun Rampung 2023, Diresmikan Presiden Jokowi

“Jadi, yang mau dibayar ganti rugi lahannya ini yang betul-betul lengkap surat-suratnya,” ujar Kery Saiful Konggoasa.

Bupati Konawe dua periode ini menyebut, pembayaran ganti rugi lahan ini dilakukan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kery Saiful Konggoasa berharap, masyarakat tenang dan gembira menghadapi mega proyek Bendungan Pelosika.

“Kita dukung semua program pemerintah pusat apa yang dilakukan Presiden Jokowi selama ini untuk kepentingan masyarakat dan negara kita,” pungkasnya.

Dalam video tersebut, Selain Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, nampak terlihat Kepala Bidang Pengadaan Tanah PUPR Provinsi, Ir. Aritonga, M.P., Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BWS Sulawesi IV Kendari Ir. Arsamid Wartadinata, S.T., MPWK, Camat Asinua Abubakar.

Laporan: Jaspin

Back to top button