HeadlineKolaka TimurNasional

Besok Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Ladongi, Wagub Sultra lakukan Ritual Sara Meparamesi Inembuuwonua

KOLAKA TIMUR – Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. Joko Widodo, dijadwalkan tiba di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi tenggara (Sultra) Senin (27/12/2021), guna melakukan peresmian Bendungan Ladongi.

Sehari sebelum kedatangan Presdien Jokowi, Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara H. Lukman Aboenawas, didampingi PJ Bupati Koltim Sulwan Aboenawas, serta PJ Sekda Koltim H. Belli, serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemda Koltim, Camat dan unsur muspida lainya, menggelar ritual “Sara Meparamesi Inembuuwonua” yang artinya melaksanakan ritual adat permisi atau meminta kepada yang punya kampung atau tempat, sesuai tradisi Adat Tolaki, pada Minggu (26/12/2021).

“Tradisi yang di pimpin oleh Wagub Sultra Bapak Lukman Aboenawas, merupakan tradisi adat tolaki yang sudah lama terjadi secara turun temurun. Kegiatan itu dimaksudkan untuk memohon kepada sang pencipta, Allah SWT, untuk membirkan kita ridho, serta keselamatan dalam melakukan kegiatan besok,” ucap PJ Sekda Koltim H. Belli saat di Hubungi Sultranews.

Advertisement

Belli menambahkan, biasanya tradisi itu dilakukan pada saat melakukan presmian pembangunan. Seperti yang akan dilakukan besok yakni peresmian Bendungan Ladongi, yang akan diresmikan langsung oleh orang nomor satu di Indonesia ini.

“Jadi sebelum kedatangan bapak Presiden Jokowi, kita terlebih dulu sudah mempersiapkan segala sesuatunya, termaksud kegiatan tadi,” jelasnya.

Hadir dalam ritual itu, Ketua DPRD Koltim Hj Suhaemi Nasir SPd dan sejumlah pimpinan OPD. usai menggelar ritual, nampak Wagub Sultra bersama rombongan berkeliling di Aliran Sungai Bendungan Ladongi menggunakan speed boat.

SN

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id