KesehatanKonawe

BLUD RS Konawe Buka Pemeriksaan Swab Gratis Bagi Calon TKL di PT VDNI

Konawe – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe bakal membuka pemeriksaan swab Covid-19 secara gratis bagi pelamar tenaga kerja lokal (TKL) di perusahaan PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI).

Direktur Utama  BLUD Rumah Sakit Konawe, dr Agus Lahida mengatakan, proses pemeriksaan swab bagi calon TKL PT VDNI bakal dibuka pada Kamis (13/8/2020).

“Iya benar, pemeriksaan swab dilaksanakan di Blud Rumah Sakit Konawe yang akan dimulai pada 13 Agustus mendatang. Pemeriksaan ini alhamdulillah gratis, tidak ada dipunggut biaya,” ujar dr Agus saat dihubungi Sultra News, pada Selasa (11/8/2020).

Advertisement

Agus menerangkan, proses pemeriksaan swab bagi calon TKL PT VDNI akan dilakukan secara bertahap dan sesuai dengan protocol Covid-19.

“Pada pemeriksaan swab nanti kita batasi untuk 100 orang dalam seharinya. Mekanisme pemeriksaanya, kalau ada gejala-gejalanya atau keluhan kita arahkan periksa di rumah sakit Covid-19 Konawe, tapi kalau tidak ada gejala boleh di Blud Rumah Sakit Konawe,” kata Agus.

Terkait hasil pemeriksaan swab itu sendiri, Agus menyebut dapat diketahui setelah tiga hari kemudian di rumah sakit Bahtermas Sultra.

“Kalau hasilnya nanti di rumah sakit Bahteramas yang keluarkan, karena kita disini hanya mengambil sampel saja lalu dikirim ke rumah sakit itu,” terangnya.

Jika ditemukan adanya yang terkonfirmasi positif, lanjut Agus, calon TKL itu bakal menjalani perawatan medis sesusai dengan standar prosedur penanganan Covid-19.

“Kalau ada yang terkonfirmasi positif, maka akan dirawat sesuai SOP yaitu diisolasi. Kalau jumlahnya banyak maka di rawat di Bahteramas, tapi kalau sedikit kita rawat di rumah sakit Covid-19 Konawe,” jelasnya. (SN)

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id