KendariPeristiwa

BMKG Sultra Keluarkan Peringatan Waspada Cuaca Ekstrem dan Gelombang Tinggi

Kendari – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Tenggara, mengeluarkan peringatan dini waspada cuaca ekstrem yang melanda sejumlah daerah, Sabtu (6/6/2020).

Beberapa daerah yang diprediksi dilanda cuaca ekstrem berupa angin kencang disertai guntur yaitu wilayah Kota Kendari, Konawe Selatan, Konawe Kepulauan, Konawe, Kolaka Timur, Muna, Buton Utara hingga meluas ke Kolaka dan Kolaka Utara.

Selain itu, sejumlah perairan di wilayah Sultra juga berpeluang mengalami peningkatan tinggi gelombang mencapai 2,5 meter hingga 4 meter yang dapat berpotensi pada resiko keselamatan berlayar.

Advertisement

Berdasarkan data peringatan dini (Early Warning) BMKG Sultra, gelombang ini terjadi di Perairan Menui-Kendari bagian Timur, Laut Banda Timur Sultra bagian Utara, Laut Banda Timur Sultra bagian Timur, Laut Banda Timur Sultra bagian Barat, Laut Banda Timur Sultra bagian Selatan, perairan Utara Wakatobi bagian Barat, perairan Utara Wakatobi bagian Timur dan perairan Selatan bagian Timur.

“Harap memperhatikan reisiko tinggi terhadap keselamatan perlayaran utamanya perahu nelayan, Kapal tongkang, Kapal Ferry dan kapal ukuran besasr seperti kapal kargo,” ujar Kepala BMKG Sultra, Rosa Amelia dalam keterangan persnya, Sabtu (6/6/2020).

Terhadap adanya status cuaca ekstrim dan gelombang tinggi, Rosa mengimbau kepada masyrakat tetap waspada dalam beraktivitas, terutama yang tinggal di bagian pesisir laut.

“Dimohon kepada masyarkat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap waspada,” kata Rosa. (SN)

 

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id