Buton UtaraPemerintahan

Bupati Butur dan Wakilnya, Temui Aksi Demontran yang Menuntut Perbaikan Jalan, Begini Kesepakatanya

BUTON UTARA – Aksi Unjuk Rasa (UNRAS), yang dilakukan oleh masyarakat dari Aliansi Pemerhati Infrastruktur (API) Kecamatan Bonegunu dan Kambowa, Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra), menuntut perbaikan Jalan Provinsi yang rusak parah, Minggu (14/11/2021) lalu.

Dalam aksi itu, yang di koordinatori oleh La Baada dan Fatul Abdul Salam selaku Koordinator Lapangan (Korlap) yang tergabung dari Masyarakat serta Mahasiswa melakukan orasi serta memblokir jalan pada pertigaan Desa Eensumala tepatnya di Jalan Poros Ereke Bau-Bau dengan membakar ban bekas, menuntut janji politik Gubernur Sultra Ali Mazi dan Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas.

Menurut La Baada, Alimasi bersama Lakuman Abunawas saat Pilgub berjanji jika terpilih Gubernur dan Wakil Gubernur akan mengaspal jalan tersebut yang merupakan akses utama perputaran perekonomian di kabupaten Butur.

Advertisement

“Disini kami hadir adalah untuk menuntu janji Politik Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra untuk menuntaskan jalan provinsi yang ada di Kabupaten Butur yang menghubungkan Kabupaten Butur dan kota Bau-Bau. Komisi III DPRD Provinsi Sultra saudara Salam Sahadia dan Ibu Muniarti Ridwan selaku Perwakilan Rakyat Butur untuk menyuarakan kepada pemerintah provinsi tentang permasalahan tersebut,” Teriak La Baada.

Karena aksi pemblokiran sudah berlangsung selama empat hari, membuat Bupati Butur Dr. H. Muh Ridwan Zakariah bersama Wakilnya Ahali turun menemui langsung massa aksi di Buranga, Kecamatan Bonegunu, Kamis, (18/11/2021) kemarin.

Dalam kesempatan itu, Ridwan Zakariah mengatakan, apa yang menjadi tuntutan masyarakat sudah disampaikan ke Gubernur Sultra H. Ali Masi.

“Pada hari ini saya datang menjawab apa yang menjadi tuntutan masyarakat. Jadi saya sudah menyampaikan ke Pak Gubernur. Beliau mengatakan sudah menyiapkan anggaran di tahun 2022 lima paket DAK. Buton Utara 2022 prioritas untuk jalan,” kata Ridwan Zakariah.

Bupati dua periode ini menjelaskan, terkait hal untuk pembagunan dalam daerah saat ini sudah mendapatkan suntikan dana dari pusat sebanyak 300 M.

“Untuk hal-hal lain, kita sudah merintis beberapa program untuk kabupaten. Kita dapat suntikan dana dari pusat 300 M tahun 2022. 177 M pinjaman, 104 M untuk program prioritas nasional strategis, dan 164 M untuk jalan kabupaten,” ungkap Ridwan Zakariah dihadapan masyarakat demo.

Olehnya itu, Bupati Butur mengajak kepada semua pihak untuk saling merangkul membagun Buton Utara, karena menurutnya tanpa dukungan semua pihak tidak dapat berjalan dengan baik.

Laporan : Al Iwal

Editor : Jaspin

Uploader : Risal

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id