KendariKonaweNewsPemerintahanSeremoni

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa Terima DIPA dan TKD Tahun Anggaran 2023 dari Gubernur Sultra

KENDARI – Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa menghadiri kegiatan “Penyerahan Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) Tahun Anggaran 2023, serta Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan Wilayah Tahun 2022, yang berlangsung disalah satu hotel di Kota Kendari, Senin (5/12/2022) kemarin.

Acara penyerahan DIPA dan TKD terdebut diserahkan langsung oleh Gubernur Sulawesi Tenggara H. Ali Mazi, S.H yang didampingi oleh Pelaksana Tugas Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sulawesi Tenggara, Syaiful, kepada Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa dan kepada para bupati/walikota dan Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja Lingkup Provinsi Sulawesi Tenggara di Kendari.

Gubernur Sultra, H. Ali Mazi, S.H saat menyampaikan sambutanya di acara penyerahan DIPA dan TKD tahun 2023.

Seperti yang dikutip dari laman Juru Bicara Gubernur Sultra, Gubernur Sultra Ali Mazi menyampaikan bahwa, Sebagaimana yang disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia (RI) pada acara Penyerahan DIPA dan TKD Tahun Anggaran 2023 beberapa hari yang lalu, bahwasanya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBN) tahun 2023 mendatang, dirancang sebagai instrumen perlindungan sosial bagi masyarakat yang rentan, serta untuk terus mendorong kelanjutan pemulihan ekonomi nasional dan reformasi struktural.

Advertisement

Lebih lanjut Ali mazi menyampaikan pesan kepada Bupati dan Wakil Bupati se-Sultra terkait dengan Pengelolaan Alokasi TKD yakni:

1. Untuk benar-benar menggunakan alokasi TKD tahun 2023 dengan baik, sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

2. Laksanakan Percepatan Penyampaian Persyaratan Penyaluran TKDD agar segera memberi manfaat bagi masyarakat.

Nampak sejumlah kepala daerah, Bupati dan Walikota, se_Sulawesi Tenggara (Sultra), hadir dalam acara penyerahan DIPA dan TKD Tahun Anggaran 2023.

3. Untuk mewujudkan Tata Kelola Dana TKDD yang akuntabel dan tepat sasaran.

4. Perlu adanya koordinasi dari semua pihak, utamanya koordinasi dengan Kanwil Ditjen Perbendaharaan dan KPPN dan antar organisasi perangkat daerah.

5. Optimalkan Dana Desa untuk mendukung program pemulihan ekonomi dan akselerasi penanganan kemiskinan.

6. Program BLT Desa dan program prioritas lainnya agar tetap dilanjutkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa di wilayah Sulawesi Tenggara.

“Amalkan pesan saya, demi terciptanya pemerintahan dan pembangunan yang merata di Sulawesi Tenggara ini,” kata Gubernur Ali Mazi saat memberikan sambutan dan arahannya.

Sementara itu Bupati Konawe yang akrab disapa KSK ini, sangat mengapresiasi arahan atau pesan dari Gubernur Sultra, demi terciptanya dan lancarnya pembangunan baik di daerah maupun di pedesaan.

“Pesan Gubernur Sultra akan diamalkan semua kepala daerah, dan dilanjutkan ketingkat desa,” ucap Bupati KSK.

Untuk diketahui, total ABPN Tahun Anggaran 2023 yang dialokasikan untuk Provinsi Sulawesi Tenggara sebesar Rp.25,57 triliun, terdiri dari Belanja Kementerian/Lembaga sebesar R7,79 triliun, Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) sebesar R17,78 triliun.

SN

Back to top button