Bupati KSK Tinjau Langsung Kesehatan Hewan Kurbani Jelang Idul Adha

waktu baca 2 menit
Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, didampingi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan ( Disnakeswan), turun lapangan guna mengecek kesehatan hewan ternak yang akan di kurbankan jelang Hari Raya Idul Adha.

KONAWE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus melakukan upaya pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, didampingi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan ( Disnakeswan), turun lapangan guna mengecek kesehatan hewan ternak yang akan di kurbankan jelang Hari Raya Idul Adha.

Kepala Disnakeswan Konawe Jumrin, mengatakan, memang sampai saat ini belum sama sekali ditemukan indikasi PMK pada hewan ternak. Pihaknya telah melakukan berbagai upaya yang telah dilakukan diantaranya pemberian vitamin kepada hewan ternak, vaksinasi, serta penyemprotan kandang.

Kata dia, walau sama sekali belum ditemukan kasus PMK, namun pihaknya terus melakukan pencegaham. “Di Kabupaten Konawe, sampai sekarang kami masih melakukan pencegahan,” Katanya, Senin (5/6/2023).

Lanjut Kepala Disnakeswan, selain melakukan pencegahan penyakit, pihaknya juga melakukan sosialisasi untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang Peternakan.

Karena, hal tersebut dapat memberikan wawasan luas terhadap peternak sehingga hasil Peternakan di Konawe dapat mempertahankan kualitas hewan ternak mereka.

“Kami juga melakukan peningkatan sumber daya manusia, agar para peternak memiliki wawasan yang lebih luas terkait pencegahan penyakit,” Bebernya.

Masih kata Jumrin, pihaknya juga saat ini sedang melakukan pengembangan sarana dan prasarana dalam hal itu pembudidayaan pakan ternak.

Karena, menurut Jumrin, kesehatan hewan juga tergantung pakan apa yang diberi, sehingga dengan membudidayakan, kualitas pakan dapat terjaga.

“Kami terus berupaya memberi motivasi kepada peternak agar lebih semangat dalam beternak dan membudidayakan pakan ternak, karena kesehatan hewan juga tergantung pakan apa yang diberi,” Pungkasnya.

SN