Jelang Hari Raya Idul Adha, Permintaan Ternak Kurbani Melonjak Naik

waktu baca 1 menit
Menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, permintaan hewan ternak untuk persediaan kurban di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) melonjak naik.

KONAWE – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, permintaan hewan ternak untuk persediaan kurban di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) melonjak naik.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Konawe Jumrin, saat ditemui belum lama ini.

Kata dia, permintaan hewan kurban memang perlahan sudah mulai bertambah dari biasanya.

“Permintaan memang mulai bertambah, tetapi belum seberapa karena puncak permintaan hewan untuk kurang itu biasanya akan melonjak sepuluh hari sebelum Idul Adha,” Ujar Jumrin.

Sedangkan untuk persediaan hewan ternak, Kepala Disnakeswan menerangkan stok hewan kurban yang ada saat ini mencapai sekitar 800 ekor sapi, dan kurang lebih 300 ekor kambing yang siap untuk di kurban kan.

“Stok di Kabupaten Konawe cukup, malahan kita yang mengeluarkan, kesehatan hewan ternak juga aman, kita mulai ternak besar,” Ujar Jumrin.

Lanjutnya, pihak Disnakeswan Konawe saat ini masih terus melakukan pemantauan kesehatan hewan ternak, karena menjelang Idul Adha, permintaan sapi unggul akan semakin meningkat.

Sehingga, dengan terjaganya kesehatan hewan, masyarakat dari berbagai daerah tidak ragu untuk membeli hewan ternak di Konawe.

“Kesehatan dan kualitas hewan ternak yang utama, makanya kami dari Disnakeswan tetap memantau seluruh ternak di Konawe,” Tandasnya.

SN