KesehatanKonawe Kepulauan

Cegah Covid-19, Puskemas Bobolio Perketat Pemeriksaan di Pelabuhan Sawaea

Konawe Kepualauan – Petugas Kesehatan Puskesmas Bobolio melakukan pemeriksaan suhu tubuh terhadap seluruh penumpang di pelabuhan Sawaea, Kecamatan Wawonii Selatan, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Sulawesi Tenggara, pada Rabu (1/4/2020).

Satu-persatu penumpang kapal, dilakukan pemeriksaan suhu tubuh (Screening test). Pemeriksaan kesehatan itu dilakukan sebagai upaya mencegah penularan wabah virus corona (Covid-19).

Kepala Puskesmas Bobolio, Abwai Sair, SKM mengatakan, pemeriksaan suhu tubuh di pelabuhan Sawaea itu dilakukan telah berlangsung selama dua Minggu sejak ditetapkannya status tanggap darurat Covid-19 oleh Pemerintah.

Seorang petugas kesehatan Puskesmas Bobolio memberikan health education kepada warga cara mencuci tangan

“Ini merupakan salah satu upaya pencegahan kami sebagai petugas kesehatan yaitu dengan melakukan pemeriksaan terhadap warga yang baru saja melakukan perjalanan dari luar di pelabuhan Sawaea. Jika ada yang ditemukan mengalami demam tinggi, maka tindakan yang kami ambil untuk menyarankan kepada orang tersebut untuk isolasi secara mandiri dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP),” ujar Abwai.

Kegiatan pemeriksaan terhadap penumpang di pelabuhan Sawaea masih akan terus berlanjut hingga masa status tangggap darurat Covid-19 dicabut ole Pemerintah. Namun kendati demikian, Abwai mengaku akan terus melakukan pengawasan dan memberi himbauan kepada masyarakat.

“Untuk saat ini agar kita tercegah dari penyebaran Covid-19, kami dari Puskesmas Bobolio rutin memberi himbauan terhadap masyarkat agar tidak melakukan keluar daerah smentara waktu dan menghindari kegiatan keramaian. Jika ada yang sakit segera melapor ke petugas kesehatan untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut,” pungkasnya. (SN)

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id