EkonomiKesehatanKonaweNasional

Cegah Penyakit HIV dan TBC, Pemda Konawe Bakal Periksa 750 TKA di PT VDNI

SulraNews.id – Pemerintah Kabupaten Konawe, melalui Dinas Kesehatan beserta Tim Terpadu dalam waktu dekat bakal melaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi 750 Tenaga Kerja Asing (TKA) yang saat ini tengah bekerja di PT Virtue Dragon Nikel Industry (VDNI) di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Konawe Cici Ita Ristianty mengatakan, pemeriksaan kesehatan terhadap TKA wajib untuk dilakukan. Sebab di dalam Perbup seharusnya pemeriksaan kesehatan dilakukaan 6 bulan sekali. Untuk itu, dalam waktu dekat kita akan melakukan pemeriksaan.

“Ada beberapa jenis penyakit yang segera kita lakukan pencegahan, yakni penyakit HIV, Hepatitis, dan TBC, sebelum menular ke orang lain,” kata Cici.

Sarana dan prasarana dari Dines Kesehatan kata dia, telah disiapkan. Tinggal menunggu kesiapan dari pihak PT VDNI.

“Kami masih menunggu kesiapan pihak VDNI hingga bulan Oktober nanti. Jika sampai bulan Oktober nanti belum ada kesiapan, maka kami akan melakukan pemeriksaan secara paksa. Karena dasar kami melakukan tindakan adalah Perbup yang sudah berkekuatan hukum,” ucapnya.

Pemeriksaan terhadap TKA, lanjut dia, juga merupakan PAD bagi Konawe. Sebab didalam Perbup, biaya yang dibebankan untuk perorangnya itu sebesar 1.500.000 Rupiah. Jika merujuk dari jumlah TKA yang kami baru saja kami data sebanyak 750 orang, maka jumlah PAD yang kita akan terima kurang lebih 1 Miliyar.

“Mr Yin belum sepakati harga yang 1.500.000 ribu itu, mereka anggap terlalu tinggi. Tapi saya masih berikan kesempatan untuk dibicarakan oleh pihak manajemennya. Kalau kami tidak bisa merubah lagi, karena itu sudah masuk dalam Perbup,” tuturnya.

Laporan :Jaspin

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id