Dekranasda Koltim Raih Juara Satu Fashion Show Motiv “Sorume” Sultra Tenun Carnaval 2023

waktu baca 2 menit
Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kolaka Timur (Koltim) berhasil mendapatkan juara 1 dalam lomba fashion show Sultra tenun karnaval yang digelar Dinas Pariwisata Sultra pada 2 dan 3 Desember 2023. Foto Ist

KOLAKA TIMUR, Sultranews.co.id – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Koltim, berhasil meraih juara 1 Lomba Fashion Show di acara Sultra Tenun Karnaval 2023 pada tanggal 2-3 Desember di Kota Kendari.

Dekranasda Koltim, mengungguli 16 dekranasda Kabupaten dan Kota se-Sultra. Koltim tampil memukau setelah menampilkan kreativitas dan keahlian dalam merancang pakaian berbasis tenun lokal, dalam hal ini motiv Sorume.

Dalam acara Sultra Tenun Karnaval 2023 yang mengusung tema “Legenda Sultra” ini, masing-masing daerah ditantang untuk menggabungkan unsur tradisional, dengan sentuhan modern dalam setiap karya tenun yang diperlombakan. Dan Tim Dekranasda Koltimlah yang berhasil mencuri perhatian juri dan ribuan masyarakat.

Ketua Dekranasda Koltim, Hartini Azis AMa, menyampaikan rasa syukur dan bangga atas pencapaian ini, serta ucapan terimahkasih kepada seluruh tim yang telah berdedikasi untuk menciptakan karya yang memenangkan hati juri dan penonton

“Alhamndulillah, kemenangan ini adalah hasil dari kerja keras dan kolaborasi antara anggota Dekranasda Kolaka Timur. Kami berusaha untuk memadukan kekayaan budaya lokal, dengan desain yang modern dan menarik” ujarnya.

Dikatakannya, dengan prestasi ini, Dekranasda Koltim berharap dapat terus menjadi motor penggerak dalam mengangkat potensi lokal, menciptakan lapangan kerja baru, serta memperkuat rasa identitas dan kebanggaan masyarakat Koltim dalam melestarikan kearifan lokal di daerah ini.

“Keberhasilan Dekranasda Kolaka Timur tidak hanya berhasil meraih juara di iven fashion show ini, tetapi juga menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk terus melestarikan dan mengembangkan warisan budaya tenun tradisional” jelasnya.

Sultra Tenun Karnaval ini, sebelumnya dibuka Pj. Gubernur Sultra Komjen Pol Andap Budhi Revianto SIK MH ini, bertempat di Depan Kantor Walikota Kendari, Sabtu (2/12/2023) malam.

SN