KonaweWarta Desa

Didominasi Perempuan, Pekerjaan Tersier Desa Ranotundobu Tahun 2021 Rampung

KONAWE – Proyek Dana Desa (DD) pada tahap tiga tahun 2021 di Desa Ranotundobu, Kecamatan Wonggeduku Barat (Wobar), Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) akhirnya terselesaikan.

Uniknya, proses pengerjaan tersier sepanjang kurang lebih 392 meter itu, didominasi oleh pekerja perempuan, atau emak-emak.

Kepala Desa (Kades) Ranotundobu Masran mengungkapkan, jika proses pekerjaan tersier lebih didominasi perempuan. Para perempuan itu, kata Masran, merupakan ibu-ibu rumah tangga. Sehingga dengan dilibatkannya mereka, sangat membantukan dari sisi ekonomi mereka.

Advertisement

“Alhamdulillah, karena sipatnya PKTD, maka semua warga yang ingin bekerja mencari napkah turut dilibatkan,” ucap Masran, saat ditemui di lokasi pekerjaan, Selasa (4/1/2021).

Lanjut Mastan, selain pekerjaan tersier di tahap tiga ini, juga ada bedah rumah sebanyak 5 rumah warga. karena akumalasi keseluruhan dari anggaran DD tahun 2021, sebanyak 10 rumah.

“Anggaran Dana Desa tahap satu dan dua terfokus dikegiatan bedah rumah. Dimana DD tahap dua sebanyak 5 rumah, dan DD tahap tiga sebanyak 5 rumah. Sehingga keseluruhan berjumlah 10 rumah. Adapun yang ada di RAB anggaran untuk satu yunit rumah berkisar 15 juta rupiah,” paparnya.

Sedangkan untuk kegiatan fisik lainya yakni pekerjaan tersier sepanjang 500 meter yang terletak pada persawahan warga.

“Jadi panjang keseluruhan untuk pengerjaan tersier ini adalah 500 meter. Dimana sebelumnya sudah terselesaikan 108 meter, lalu dilanjutkan lagi sepanjang 392 meter, hingga total keseluruhan menjadi 500 meter,” ujar Masran.

Laporan: Jaspin

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id