KonaweWarta Desa

Pemdes Ranotundobu Bedah 10 Rumah, Warga: Terimakasih Pak Kades

KONAWE – Ramdin salah seorang warga Desa Ranotundobu, Kecamatan Wonggeduku Barat (Wobar), Sulawesi Tenggara (Sultra), yang kesehariannya merupakan petani pekebun, sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Ranotundobu, karena telah meresap rumah miliknya.

Ucapan syukur Ramdin kepada Pemdes Ranotundobu bukan tanpa alasan. Rumahnya yang hanya berdidingkan papan yang sudah lapuk, dan beratapkan rumbia, akhirnya bisa terlihat layak seperti rumah warga lainya.

“Terimakasih terkhusus untuk Kepala Desa Ranotundobu, yang telah memilih rumah saya untuk direhap,” tutur Ramdin sembari meneteskan air mata di pipinya itu, Rabu (18/8/2021).

Advertisement

Sementara itu, Kades Ranotundobu Masran memaparkan, anggaran Dana Desa tahap satu dan dua terfokus dikegiatan bedah rumah. Dimana DD tahap satu sebanyak 5 rumah, dan DD tahap dua sebanyak 5 rumah. Sehingga keseluruhan berjumlah 10 rumah.

“Sesuai yang ada di RAB anggaran untuk satu yunit rumah berkisar 15 juta rupiah,” paparnya.

Sedangkan untuk kegiatan fisik lainya yakni pekerjaan tersier sepanjang 500 meter yang terletak pada persawahan warga.

“Untuk pengerjaan tersier ini, kita masih menunggu cuaca yang bagus. Sebab kalau masih terus-terusan hujan saya kwatir kualitas pekerjaannya akan berpengaruh,” jelas Masran.

Adapun penyaluran BLT tahap kedua ini, telah tersalur mulai bulan 6 7 dan 8. Masing-masing penerima manfaat mendapatkan 900 ribu rupiah, dengan total penerima manfaat sebanyak 28 orang.

Selanjutnya, ada juga insentif para tenaga kesehatan. Kalau saya tidak salah hampir sama dengan semua desa se-Kabupaten Konawe.

“Kebetulan bulan ini ada kegiatan pelatihan digitalisasi kami di Kendari, khusus untuk Kecamatan Wonggeduku Barat,” tukasnya.

Laporan: Jaspin

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id