Dinsos Konawe Terima Bantuan Program Atensi 90 PPKS Kemensos RI

waktu baca 3 menit
Turut mendampingi dalam kegiatan penyaluran Bantuan ATENSI ini dari Dinas Sosial Kab. Konawe adalah Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Sukanti Moita, S.Sos, Kepala Seksi Anak dan Lansia Rahmat Mekuo, S.Sos serta beberapa Pendamping Rehabilitasi Sosial Kemensos RI yang secara bersama-sama melaksanakan kegiatan tersebut.

KONAWE, Sultranews,co,id – Kementerian Sosial RI melalui UPT Sentra Meohai di Kendari menyalurkan Bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) senilai Rp. 141.935.000 bagi 90 Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS). Bantuan tersebut akan direalisasikan dalam bentuk komponen Pemenuhan kebutuhan hidup layak dan Kewirausahaan.

Bantuan Program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) Kementerian Sosial ini diserahkan langsung oleh Kepala Sentra Meohai Fepi Rubianti, Koordinator Kabupaten Konawe Yulius Muri dan Atika Mauliani Umar serta Ketua Komisi IV DPRD Prov. Sulawesi Tenggara Ibu Hj. Sulaeha Sanusi, S.Pd.,M.Si  di Kantor Pos Pondidaha dan Wawotobi Kab. Konawe.

Kegiatan Penyaluran bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) ini diberikan kepada 90 orang PPKS berupa Bantuan Atensi Kebutuhan hidup layak untuk 83 orang dan Bantuan Atensi Kewirausahaan 7 orang, dengan kategori penerima berasal dari Kluster Penyandang Disabilitas 36 orang senilai Rp. 62.405.000, Lanjut Usia 40 orang senilai Rp. 59.730.000, Eks Pengguna Napza 4 orang senilai Rp. 6.000.000, Kelompok Rentan 6 Orang senilai Rp. 9.000.000 dan Korban Bencana 4 orang senilai Rp. 4.800.000 yang tersebar di 11 Kecamatan di wilayah Kab. Konawe.

Fepi Rubianti selaku Kepala Sentra Meohai Kendari mengatakan, penyaluran bantuan ATENSI saat ini merupakan bagian dari rangkaian proses penyaluran bantuan di seluruh di wilayah jangkauan Sentra Meohai Kendari, yakni Provinsi Sulawesi Tenggara dan Provinsi Maluku.
“wilayah jangkauan Sentra Meohai Kendari untuk di Provinsi Sulawesi Tenggara terdiri dari 17 kabupaten kota. Sedangkan di Provinsi Maluku sebanyak 6 kabupaten kota,” katanya saat penyaluran bantuan. Selasa(29/08/2023).

Lebih lanjut, Fepi menyatakan bahwa, Pelaksanaan ATENSI bertujuan untuk mencapai Keberfungsian Sosial individu, keluarga, dan komunitas dalam memenuhi kebutuhan dan hak dasar, melaksanakan tugas dan peranan sosial, dan mengatasi masalah dalam kehidupan.

Baca Juga :  Pembukaan HUT Konawe Ditandai Pemukulan Gong Delapan Kali, Harmin Ramba: Angka Keberuntungan Saya

Bantuan yang diberikan berdasarkan hasil asesmen masalah dan kebutuhan PPKS. Proses tersebut dimaksudkan agar penentuan jenis bantuannya tepat guna.
“Asesmen dimaksudkan agar penentuan jenis bantuan dan rancangan anggaran biayanya tepat dan bermanfaat optimal kepada penerima manfaat,” lanjutnya.

Pada kesempatan itu Ketua Komisi IV DPRD Prov. Sultra Ibu Hj. Sulaeha Sanusi, S.Pd.,M.Si menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kemensos RI yang telah memberikan bantuan kepada warga Kab. Konawe.
“Kedepannya diharapkan Pemerintah daerah juga akan menambah alokasi bantuan bagi masyarakat yang memerlukan pelayanan kesejahteraan sosial. Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para penerima,” kata Sulaeha.  ”

Turut mendampingi dalam kegiatan penyaluran Bantuan ATENSI ini dari Dinas Sosial Kab. Konawe adalah Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Sukanti Moita, S.Sos, Kepala Seksi Anak dan Lansia Rahmat Mekuo, S.Sos serta beberapa Pendamping Rehabilitasi Sosial Kemensos RI yang secara bersama-sama melaksanakan kegiatan tersebut.

Sementara itu Penerima Manfaat Kewirausahaan Kios Sembako yang merupakan penyandang Disabilitas Netra bernama Karmilawati, mengucapkan Syukur dan menyampaikan terimakasih kepada pemerintah khususnya kepada Menteri Sosial atas perhatian dan bantuan yang diberikan dikarenakan bantuan ini sangat bermanfaat bagi kehidupan keluarganya dan juga akan menambah barang jualan di kiosnya.

Sedangkan bapak Talkan yang merupakan penerima manfaat Kebutuhan hidup layak yang merupakan eks pengguna Napza mengatakan bahwa bantuan itu akan sangat bermanfaat bagi dirinya dan para penerima Bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial lain, pun berharap perhatian dan bantuan seperti itu akan terus berlanjut kedepannya.

SN