KonaweSerba-serbi

DPRD Konawe Gelar Rapat Paripurna Dalam Peringati HUT RI ke-74

Konawe – Dengan mengangkat tema “Menuju Indonesia Unggul” pada peringatan Hari Ulang Tahun Ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Konawe Dr. H. Ardin, menggelar rapat paripurna yang berlangsung di Aula Rapat Paripurna DPRD Konawe, Jumat (16/8/2019).

Dalam sambutanya, Ardin mengatakan, peringatan HUT RI yang ke-74 Tahun, merupakan makna yang strategis dalam mengisi kemerdekaan bangsa dan menjadi representasi semangat bangsa untuk membangun Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.

Serangkaian dengan suasana kurban dan proklamasi kemerdekaan ini, tentunya makna filosofisnya lebih mengantar kita kepada makna persatuan dan kesatuan. Karena jika kita pahami dan hayati makna persatuan dan kesatuan akan terus terpelihara serta terus bersemai dalam hati sanubari kita.

“Kebersamaan sangat menentukan dalam bangun runtuhnya suatu bangsa. Jika nilai-nilai ini terabaikan, adalah ego masing-masing, maka ketika itu pula akan terjadi bagi masyarakat “habithat a’maaluhum”, kata Ardin.

Pada momen seperti ini, setelah kita melaksanakan pesta demokrasi makna persatuan dan kesatuan lebih ditingkatkan. Pemilihan sudah usai tetapi kewajiban kita belum selesai. Kewajiban untuk merekatkan kembali hubungan silaturahmi yang sempat renggang, menjabat kembali tangan sempat terpisahkan, karena segala perbedaan yang terjadi bukanlah permusuhan.

Ketgam : Suasana rapat paripurna, dalam acara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-74. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Perwakikan Rakyat Daerah (DPRD) Dr. H. Ardin, di Aula Rapat Paripurna DPRD Konawe. Foto: Jaspin/sultranews.net

Dalam konteks kehidupan berbangsa pada umumnya, yang kita cita-citakan bersama adalah terwujudnya masyarakat yang memiliki peradaban yang tinggi yang didasari pada nilai-nilai iman yang benar. Oleh karena itu. salah satu karakteristik pada masyarakat yang memiliki peradaban adalah budaya kontrol yang tinggi dengan semangat “amar ma’ruf dan nahi munkar”.

“Tahun 2019 ini merupakan momentum politik yang sangat berarti bagi perjalanan hidup bangsa Indonesia menuju kearah yang makin unggul. Penyelenggaraan pemilihan umum legislatif dan pemilihan presiden baru saja kita selenggarakan. Tidak perlu kita persoalkan siapa yang menang dan siapa yang kalah. Harapan kita bersama adalah kelanjutan pembangunan menuju Indonesia yang makin unggul, ucapnya.

Bertolak dari hal tersebut di atas, Lanjut anggota DPRD Konawe 4 periode itu, peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI tahun ini mengandung hikmah yang besar karena kita baru saja melaksanakan agenda demokrasi secara nasional yaitu Pemilu Legislatif dan Pilpres secara langsung umum dan rahasia.

Perjalanan membangun negeri ini menuju cita-cita yang lebih baik. masih harus kita teruskan secara tekun, penuh semangat. dan berkesinambungan. Kita harus makin mampu untuk memanfaatkan berbagai kesempatan dan menjawab setiap tantangan dengan program-program pembangunan yang tepat, cerdas, dan efektif.

Untuk itu, kontribusi dan dukungan masyarakat luas adalah modal sosial yang tidak boleh absen dalam pembangunan di segala bidang. Masyarakat akan tertibat aktif dalam proses pembangunan jika mereka merasa berkepentingan, merasa memiliki. Sebaliknya. rakyat yang mendapatkan pelayanan publik terbaik, pada gilirannya akan terpanggil untuk menyukseskan pembangunan di wilayahnya masingmasing.

“Pembangunan harus memberdayakan rakyat sebagai pelaku aktif dalam proses pembangunan yang memerdekakan. Merdeka dan kemiskinan. kebodohan dan keterbelakangan. Menuju bangsa Indonesia yang unggul mencapai Baldatun Thayyibatun Warabbum Ghafur. yaitu negeri yang aman, makmur, sejahtera lahir dan batin di bawah naungan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa,” tutur Calon Ketua DPRD Konawe, periode 2019-2024 mendatang.

Ketgam : Fose bersama usai menggelar rapat paripurna, dalam acara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-74, di Aula Rapat Paripurna DPRD Konawe. Foto: Jaspin/sultranews.net

Dalam kaitan itu, perlu kami sampaikan bahwa selama periode 2014 2019 ini DPRD Kab. Konawe telah menunjukkan peran aktifnya dalam mengimplementasikan fungsi yang kami emban sebagai wakil rakyat dalam mengisi kemerdekaan ini.

Implementasi fungsi pembentukan peraturan daerah, DPRD Kab. Konawe periode 2014 2019 telah banyak melahirkan peraturan daerah inisiatif dewan. Implementasi fungsi pengawasan, DPRD Kabupaten Konawe periode 2014 2019 telah menggelar program pengawasan kebijakan pemerintah daerah seoptimal melalui proses hearing, investigasi lapangan, konsultasi dengan pihak terkait, dan rekomendasi kepada pihak-pihak yang berkompetensi.

“Kepekaan ini tentunya merupakan wujud dari penghayatan nilai-nilai luhur terhadap semangat perjuangan yang mengintari detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke74 Tahun 2019,” tuturnya.

Turut Hadir dalam rapat paripurna kemerdekaan RI ke-74, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, Wakil Bupati Konawe Gusly Topan Sabara, wakil ketua Rusdianto, para anggota DPRD terpilih dan mantan anggota DPRD Konawe, Kepala Kejaksaan Negeri Konawe Jaja Raharja, SH., MH, Kapolres Konawe AKBP Muh Nur Akbar, SIK., SH., MH, para Asisten dan Kepala OPD lingkup Pemkab Konawe.

Laporan : Jaspin

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id