Dua Atlet Karateka Sultra Lolos ke PON XXI Sumut-Aceh

waktu baca 2 menit

KENDARI, Sultranews.co.id – Federasi Karate-Do Indonesia (Forki) Provinsi Sulawesi Tenggara meloloskan satu karateka putri dan satu karateka putra ke PON XXI Sumatera Utara -Aceh Tahun 2024.

Ketua Pengprov Forki Sultra, Jannie Aldrin Siahaan mengatakan perolehan dua tiket PON XXI Aceh-Sumut menempatkan Forki Sultra pada posisi ke 8 dari 38 kontingen se-Indonesia.

Dua tiket PON disumbangkan karateka putri Isra Miranti (-55 Kg) dan Muhammad Jabar Hamidan yang berlaga di kelas – 75 Kg dari arena Pra PON di Banjarmasin, Kalimantan Selatan 25-28 Agustus 2023.

“Rasa haru dan bangga menyelimuti insan karate Sultra atas sukses merebut tiket PON. Ini hasil perjuangan panjang dan melelahkan mulai dari training Centre (TC) hingga bertarung diatas matras,” kata Jannie.

Peluang 19 karateka yang menjadi duta Sultra di ajang pra-PON untuk merebut tiket PON cukup terbuka namun faktor tuan rumah ikut menentukan kepiawaian kareteka saat berjibaku dengan lawan-lawannya.

“Keikutsertaan karateka nasional yang kontinyu menjalani latihan di Pelatnas menjadi batu sandungan karateka lainnya. Daerah-daerah yang diperkuat karateka Pelatnas menjadi keunggulan tersendiri,” ujarnya.

Keberpihakan wasit dan panitia dalam memimpin pertandingan kepada karateka Pelatnas dan tuan rumah menjadi sorotan karateka sejumlah daerah.

Sehingga, Forki mengharapkan dukungan maksimal stakeholder atau pemangku kepentingan olahraga di Sultra di masa mendatang.

“Pra PON kita sudah lewati dengan berbagai tantangan. Keringat atlet dan pelatih bercucuran demi mengharumkan nama Sultra,” pungkasnya.

Belajar dari pengalaman di pra-PON diharapkan pemangku kepentingan olahraga di daerah ini agar mempersiapkan para atlet semaksimal mungkin untuk meraih prestasi terbaik di PON Aceh-Sumut 2024.

Saat ini Tim Forki Sultra sedang ditampung di Rindam Banjarmasin untuk persiapan kembali ke Sultra menunggu pembelian tiket pesawat dari KONI Sultra.

Baca Juga :  Berikut 28 Nama Calon Panwascam Lulus Tes Tertulis yang Diumumkan Bawaslu Konawe

Forki Sultra mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas bantuan dan dukungan doa, moral dan finansial, sehingga tim karate Sultra dapat tampil di Pra PON Kalimantan Selatan.

Karateka Isra Minarti mengaku bangga merebut tiket PON XXI karena persaingan di ajang pra PON sangat berat.

“Sejak awal berlatih mempersiapkan diri sudah bertekad harus sampai di PON. Syukur terwujud,” kata Isra.

Ia mengharapkan agar KONI mempersiapkan para atlet (kami) semaksimal mungkin karena persaingan antar karateka di PON Aceh Sumut lebih berat. (rls)

SN