EkonomiKonaweNews

Dukung Ketahanan Pangan Nasional, Kadin Konawe Bantu Peningkatan JUT Desa Puundombi

KONAWE – Dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional, Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), dibawah kepemimpinan Yusran Akbar kembali membantu perbaikan Jalan Usaha Tani (JUT) Desa Puundombi, Kecamatan Tongauna Utara, sepanjang 500 Kilo Meter, pada Jumat (16/11/2022).

Sebelumnya, melalui program “Kadin Konawe Peduli Perbaikan Infrastruktur”, juga sukses mengerjakan JUT Desa Wunduongohi dan jalan lingkungan serta pelurusan sungai di Kelurahan Andabia, Kecamatan Anggaberi, Konawe belum lama ini.

Ketua Kadin Konawe Yusran Akbar, kepada awak media menyampaikan bahwa perbaikan infrastruktur jalan desa dan kelurahan merupakan bagian dari kegiatan program Kadin Konawe Peduli dalam percepatan pemulihan ekonomi pasca pandemi covid-19 yang digagas dari desa dan kelurahan.

Advertisement

“Kita start nya dari desa dan kelurahan yang berada di sentra produksi hasil pertanian tanaman pangan dan perkebunan, terutama yang aksesnya sudah terputus dan sama sekali tidak bisa lagi dilalui untuk mengangkut komoditi hasil panen warga. Sehingga kehadiran Kadin Konawe dapat membantu secara langsung perbaikan jalannya tanpa dipungut biaya sepeserpun,” ungkap Yusran, sapaan akrabnya.

Selain itu kata dia, komitmen Kadin Konawe bersinergi bersama pemerintah, terutama pemerintah desa dan kelurahan dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional di daerah. Karena kita ketahui, Kabupaten Konawe merupakan salah satu daerah penghasil beras terbesar se Sulawesi Tenggara.

Lebih jauh Ketua Kadin Konawe, peran serta masyarakat terutama kepala desa dan aparatnya sangat kita harapkan kedepannya agar membantu merawat dan menjaga aset desanya yang sudah kita perbaiki itu. Karena dengan lancarnya tranportasi menuju area persawahan dan kebun warga akan memberikan dampak yang baik terhadap peningkatan ekonomi warga desa.

“Secara teknis, pelaksanaan perbaikan jalan desa dan kelurahan berdasarkan surat permintaan dari kepala desa dan lurah yang kemudian diverifikasi tim dari WKU Bidang Pekerjaan Umum dan WKU Bidang Transportasi Kadin Konawe yang selanjutnya bersama masyarakat desa dan kelurahan setempat meninjau lokasinya,” ujar Yusran menjawab pertanyaan terkait usulan warga yang meminta perbaikan jalan desanya.

Sementara itu, Kepala Desa Puundombi, Safruddin menyampaikan ucapan terima kasih dan atas nama masyarakatnya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Ketua Kadin Konawe, Yusran Akbar ST yang telah membantu perbaikan JUT desanya melalui Program Kadin Peduli Perbaikan Infrastruktur.

“Terima kasih Bapak Yusran Akbar, ST Ketua Kadin Konawe yang telah membantu masyarakat Desa Puundombi, dengan adanya bantuan ini mudah-mudahan masyarakat Desa Puundombi bisa memanfaatkan dengan baik, karena selama ini sawah warga disekitar lokasi perbaikan JUT ini tenggelam dan jalur transportasi hasil panennya sangat susah karena jalannya rusak, sehingga dengan bantuan Kadin Konawe, Alhamdulillah, sekali lagi saya ucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada bapak Ketua Kadin Konawe,” ucap Safruddin.

SN

Back to top button