KendariKesehatan

Foto Penampakan Vaksin Covid-19 Diangkut Gunakan Mobil Es Krim di Kendari

Kendari – Sebanyak 20.400 vaksin Covid-19 telah tiba di Bandara Haluoleo yang diangkut menggunakan maskapai pesawat Batik Air, Selasa (5/1/2021) pagi.

Kedatangan vaksin Sinovac itu mendapat pengawalan ketat dari aparat Kepolisian dan TNI yang akan dibawa ke kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Sultra.

Ada yang menarik dalam pengangkutan vaksi Covid-19 itu. Pantauan sultranew.co.id di lokasi, terlihat vaksin itu juga diangkut dengan menggunkan sebuah mobil box es krim. Belum diketahui secara pasti alasan pihak terkait menggunakan mobil itu dipakai untuk mengangkut Vaksin Covid-19.

Saat dikonfirmasi sebelumnya, Plt Kepala Dinkes Sultra, Husnia mengatakan bahwa puluhan ribu vaksin Covid-19 itu belum ada jadwal pasti terkait pelaksanaanya.

“Terkait jadwal pelaksanaan vaksin itu kapan dilaksanakan belum dapat diketahui secara pasti jadwalnya, karena masih menunggu intruksi dari pusat,” ujar Husnia saat dihubungi sultranews.co.id pada Senin (4/1/2021).

Diketahui sebelumnya, pemerintah telah menetapkan enam jenis vaksin Covid-19 yang nantinya akan digunakan untuk pelaksanaan vaksinasi virus corona di Indonesia melalui Keputusan Menteri Kesehatan Nomor H.K.01.07./Menkes/9860/2020.

Salah satu vaksin yang akan digunakan untuk vaksinasi Covid-19 di Indonesia adalah hasil kerja sama antara PT Bio Farma (Persero) dengan perusahaan vaksin asal China, Sinovac Biotech. Untuk memastikan kualitas dan keamanan vaksin itu, telah dilakukan uji klinis yang dilaksanakan oleh tim uji klinis dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, Bandung, Jawa Barat.

Sebanyak 1,8 juta dosis vaksin Covid-19 tahap kedua dari Sinovac telah tiba di Indonesia pada 31 Desember 2020. Vaksin ini pun sudah diterima PT Bio Farma pada hari yang sama.

Dengan demikian, kini jumlah vaksin Covid-19 dari Sinovac yang sudah diterima oleh Indonesia sebanyak tiga juta dosis. Semua vaksin tersebut disimpan di tempat penyimpanan khusus di fasilitas penyimpanan PT Bio Farma dengan suhu yang tetap terjaga antara 2-8 derajad Celcius.

Laporan. Wayan Sukanta

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id