Foto ‘Suku Bajo’ Karya Korchnoi Pasaribu Jadi Juara Lomba Foto Halosultra 2019

waktu baca 2 menit
Foto anak Suku Bajo, karya Korchnoi Pasaribu menjadi yang terbaik dalam ajang Lomba Foto Halo Sultra 2019

sultranews.net – Karya fotografer asal Kota Kendari, Korchnoi Pasaribu menjadi yang terbaik dalam ajang Lomba Foto Halo Sultra 2019 yang digelar Dinas Pariwisata, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), April 2019 lalu.

Noi – sapaan akrab Kirchnoi Pasaribu – berhasil menjadi yang terbaik pertama, kemudian disusul oleh Rustam Awat fotografer asal Kota Baubau di posisi kedua, dan Habirun yang juga dari Baubau berada di posisi ketiga.

Dalam karya fotonya, Noi mengangkat tema ‘Suku Bajo’. Dimana, dalam jepretan kameranya Noi menggambarkan pemandangan laut yang indah yang terhampar di pesisir Teluk Kendari, Desa Sorue Jaya, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

“Dipesisir Teluk Kendari itu, seakan memanggil kami dari komunitas fotografi untuk angkat kamera dan langsung membidik obyek-obyek foto, seperti pemandangan sunset yang indah, hutan bakau, dan juga aspek kehidupan disekitarnya,” jelas Noi.

Dalam karyanya, Noi menampilkan beberapa rumah yang terpancang di atas pesisir laut yang jernih, rumah – rumah itu milik masyarakat Suku Bajo.”Mereka menggantungkan hidup dari hasil laut yang melimpah di perairan Teluk Kendari,” ujarnya.

Masyarakat Suku Bajo, lanjut Noi, yang biasa hidup nomaden di atas laut, hingga sering digelari gipsy laut ini tinggal di pesisir pulau-pulau yang di Sultra, jumlahnya cukup banyak, mencapai 625 pulau. “Di pulau-pulau Sultra jumlah masyarakat Suku Bajo mencapai angka 20 ribu jiwa, yang dominan berada di kepulauan Wakatobi,” katanya.

“Mereka menuturkan kepada saya bahwa nenek moyangnya sejak dulu telah bermukim di laut. Hidupnya bergantung dari hasil melaut, seperti dari memancing ikan atau cumi-cumi yang dijual di daratan. Kehidupan mereka sangat menarik untuk diabadikan dalam foto,” pungkasnya.

Baca Juga :  Gemoynya Kendari Serentak Kembalikan Berkas Formulir di Tiga Parpol

Lomba Foto Halo Sultra 2019 merupakan rangkaian dari Festival Wakatobi Wave 2019. Puncak acara dan pengumuman pemenang lomba foto digelar pada 13 November 2019.

Dalam lomba foto ini, ratusan fotografer dari seluruh Indonesia ambil bagian yang memperebutkan total hadiah Rp 100 juta.

Laporan : WAA